www.hebatriau.com www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Bupati Nias Buka Forum Komunikasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026.
Jumat, 09/07/2021 - 13:39:26 WIB

TERKAIT:
   
 

Nias, Hebatriau.com - pelaksanaan Forum Konsultasi Publik penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias Tahun 2021-2026, yang dilaksanakan di Ruang serbaguna Lantai III Kantor Bupati Nias  Kamis, 08 Juli 2021.

Acara tersebut turut hadir Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias, Seluruh Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Pimpinan BUMN/BUMD/Instansi Vertikal, Para Kepala Bagian lingkup Setda Kabupaten Nias, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Organisasi Keagamaan, Para Tokoh Masyarakat,Pimpinan Organisasi Profesi,dan Pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat, dan rekan-rekan media.

Bupati Nias Yaatulo Gulo, SE.SH,M.Si dalam Arahannya mengatakan bahwa, Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 86 Tahun 2017, salah satu tahapan yang dilaksanakan setelah Kepala dan Wakil Kepala Daerah dilantik adalah penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan pada tahapan tersebut perlu dilaksanakan Forum Konsultasi Publik untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sehingga diperoleh masukan dan saran untuk penyempurnaan dokumen Rancangan Awal RPJMD yang telah disusun.

Pembangunan pada dasarnya adalah proses perubahan berbagai aspek kehidupan menuju kondisi yang lebih baik. Undang–Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek partisipatif, teknokratis dan politik yang muaranya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sejalan dengan amanat regulasi tersebut maka dokumen perencanaan jangka menengah daerah atau RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2016-2021 ini memiliki arti yang sangat strategis karena akan menjadi pedoman atau acuan dalam menetapkan kebijakan dan strategi pembangunan selama lima tahun ke depan yang berkelanjutan terhadap pembangunan jangka panjang serta memberikan gambaran kondisi capaian kinerja pembangunan lima tahun yang lalu.

Selain itu dokumen RPJMD tersebut akan menjadi instrumen pengendalian bagi satuan pengawas internal, instrumen mengukur tingkat pencapaian kinerja kepala perangkat daerah, wadah ruang politis bagi Kepala Daerah dan DPRD, media untuk mengimplementasikan janji yang telah disampaikan kepada masyarakat serta menjadi pedoman penilaian keberhasilan pemerintah daerah sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Dokumen Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 ini juga telah menjabarkan Visi “Kabupaten Nias Maju”, Misi “Trisakti Nias Maju” serta Program Kepala Daerah yang  memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk lima tahun ke depan dengan berpedoman pada RPJMN Tahun 2020-2024 dan RPJPD Kabupaten Nias Tahun 2005-2025. Secara umum Visi Kabupaten Nias Maju didefinisikan sebagai “Suatu kondisi kehidupan masyarakat Kabupaten Nias mengalami perkembangan - pertumbuhan ke arah yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi yang ada saat ini,  dalam berbagai aspek dan dimensi kehidupan dengan memanfaatkan potensi wilayah baik secara fisik, ekonomi, sosial budaya serta dukungan faktor eksternal di tingkat regional dan nasional”.

Bupati Nias menyampaikan bahwa Dalam menghadapi Tahun Pembangunan 2021-2026 yang akan datang beberapa isu strategis pembangunan yang mendesak yang menjadi fokus kita bersama  antara lain:

- Bidang Infrastruktur
- Bidang Pendidikan
- Bidang Kesehatan
- Bidang Ekonomi (Pertanian, Peternakan, Perikanan UKM dan Pariwisata).
- Bidang Pemerintahan dan Aparatur
agar semua Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Nias dapat menyusun dan  menetapkan target yang terukur dan tepat sasaran dalam mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan''harap Bupati

Bupati Nias berpesan Kepada perangkat Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias agar hal-hal yang baik yang sudah dilakukan selama ini tetap kita teruskan, hal-hal yang kurang baik harus kita perbaiki, dan hal-hal yang tidak baik itu kita hentikan.

Reporter : Faebolododo Waruwu
Editor : Fah/mesra



 
Berita Lainnya :
  • Pelaporan LHKPN Legislatif Pusat Baru 29,55 Persen
  • Sampaikan Simpati dan Belasungkawa: PPWI Lakukan Courtesy Call di Kedubes Rusia untuk Mengekspresikan Solidaritas
  • Bupati Kasmarni Khatam Bersama Para Santri Penghafal Qur'an
  • Sosialisasi Perlindungan PMI: Peran Direktur Guetilang di Indramayu
  • Ikut Awasi Dana Participating Interest 10 persen dari PHR, Gabungan Wartawan di Rohil sampaikan Surat Permintaan Audensi ke DPRD
  • Bupati Bengkalis Serahkan LKPD Unaudited Tahun 2023 ke BPK RI Riau
  • Seorang Pencuri Sapi Antar Propinsi Diringkus Unit Reskrim Polsek Tambusai UtaraTidak Berkutik
  • Polsek Kandis dan Upika Kecamatan Kandis Menggelar Kegiatan FGD
  • Penuh Berkah, Pj Gubri dan Bupati Kasmarni Safari Ramadhan di Kecamatan Pinggir
  • Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Sampaikan Jawaban Terkait LKPj Tahun 2024
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    9 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    10 Hebat…!!! Anggota Komisi A DPRD Nisel, Tantang Tim Terpadu Pemda Nisel Observasi ke Seluruh Desa
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved