www.hebatriau.com www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Berikut 7 Tips Hindari Canggung Hari Pertama Kerja
Selasa, 19/10/2021 - 18:38:19 WIB
ist
TERKAIT:
   
 

ANDA telah menyelesaikan wawancara, menegosiasikan gaji Anda, dan menyetrika pakaian kerja Anda yang sempurna di hari pertama. Anda mengambil napas dalam-dalam, berjalan di pintu dan kekacauan. Hari pertama kerja bagi sebagian orang adalah hari yang mencanggungkan karena bertemu dengan orang baru, lingkungan baru, dan segalanya yang serba baru.

Siapa yang tidak berdebar di hari pertama kerja? Perasaan senang yang menyatu dengan rasa tegang pasti akan membuat Anda bergetar. Perasaan grogi semacam ini adalah hal yang wajar bagi orang baru karena akan memulai masa adaptasi dengan lingkungan baru. Semua itu tentu bisa teratasi dan dilalui dengan baik.

Berikut adalah beberapa tipsnya :

1. Bersikap Baik dengan Orang Lain
Saat Anda gugup membuat kesan positif pada orang baru, sulit untuk menahan diri agar tidak mengoceh terlalu banyak. Namun, tetaplah tenang, semua itu akan berlalu seiring berjalannya waktu. Tetap netral dan berusahalah untuk mengenal nama semua orang yang sering Anda temui atau bekerja dengan Anda.

Jangan mempertimbangkan topik seperti, "fasilitas ini jauh lebih baik daripada yang terakhir" atau terjebak dalam percakapan dengan orang-orang yang mencoba memberitahu Anda tentang "kebijakan yang menyebalkan" atau "rekan kerja tertentu yang harus dihindari karena ini, itu dan yang lainnya.”

Anda datang ke fasilitas baru untuk bekerja dengan orang baru, menjelajahi lingkungan baru, dan bertemu orang baru. Tetap tenang dan lalui setiap harinya dengan menebar senyum kepada setiap orang. Beruntunglah bagi orang-orang yang mudah dalam bersosialisasi, karena hal baru bukanlah hal yang buruk untuknya.

Mungkin Anda juga akan menerima beberapa pertanyaan hari pertama kerja dari rekan. Tidak perlu khawatir, karena pertanyaannya bukan seperti ujian. Mereka hanya akan mempertanyakan tentang diri Anda, seperti tinggal di mana atau sekolah di mana.

2. Kuasai Diri

Ketika kita merasa tidak yakin tentang apa yang kita lakukan atau khawatir akan melakukan kesalahan di depan manajer dan rekan kerja baru, maka kita akan menjadi advokat terburuk bagi diri kita sendiri. Beberapa orang pasti berdialog dengan dirinya sendiri dalam suatu kondisi, namun terkadang, hal ini justru akan membuat Anda terjerumus dalam kecanggungan.
Alih-alih pikiran negatif, beri diri Anda mantra positif setiap hari untuk dilantunkan berulang-ulang di kepala Anda. Mantra adalah afirmasi positif yang dibangun untuk diulang secara mental dan membantu berkonsentrasi. Dengan begitu, Anda tetap bisa tenang dan bisa menguasai keadaan, sehingga pekerjaan pertama bisa diselesaikan dengan baik.

3. Jangan Sebut Uang

Tips di hari pertama kerja selanjutnya adalah jangan menyebut soal uang.

Jangan berbicara tentang gaji baru Anda atau apa yang Anda hasilkan di pekerjaan Anda sebelumnya. Hal itu akan membuat orang-orang di sekitar Anda merasa canggung dan menimbulkan kesan arogan. Jika Anda telah bekerja di sana untuk sementara waktu dan merasa bahwa Anda dibayar rendah untuk seberapa keras Anda bekerja, maka bersikaplah profesional. Bicarakan hal itu dengan atasan Anda setelah menyelesaikan masa percobaan Anda.

4. Jangan Terlalu Pagi
Jelas tidak perlu dikatakan bahwa Anda tidak boleh terlambat pada hari pertama. Namun, sama pentingnya untuk tidak datang terlalu awal karena biasanya tempat kerja meminta Anda datang sedikit lebih lambat agar mereka dapat bersiap.

Jika Anda muncul sebelum mereka siap, maka itu membatasi rekan baru Anda dari persiapan yang benar. Akibatnya, Anda hanya akan berkeliaran dengan canggung, menunggu hingga mereka selesai mengatur segala hal. Datanglah sewajarnya, jika memang masih memiliki banyak waktu, cek lagi perlengkapan kerja, barang apa saja yang harus dibawa saat hari pertama kerja, dan berkaca. Dengan begitu, di tempat kerja baru, Anda benar-benar siap untuk memulai pekerjaan pertama.

5. Jangan Pesan Cuti
Kecuali jika ini disebutkan selama proses wawancara, jangan memesan setengah hari atau cuti tahunan segera setelah Anda memulai. Ini menandakan kurangnya komitmen terhadap peran Anda dan menunjukkan keterampilan komunikasi yang buruk jika Anda gagal menyebutkan sebelumnya.

6. Jangan Melihat Jam

Jangan pernah menghabiskan setengah jam terakhir hari Anda untuk menghitung mundur sampai jam mencapai waktu rumah. Jangan menjadi orang pertama yang pergi atau pulang pada hari pertama Anda bekerja. Sikap itu menggambarkan rasa malas, menandakan bahwa Anda tidak siap untuk melampaui batas minimum dari apa yang diharapkan.

7. Berpenampilanlah yang Menarik

Hari pertama kerja fresh graduate pasti bingung dengan pakaian apa yang harus dikenakan. Tentu saja jawabannya adalah pakailah pakaian terbaik. Mulai dari bagian atas atau kepala hingga bawah. Tentu saja Anda harus memakai pakaian yang formal. Termasuk, sepatu, sebagai aksesoris untuk urusan formal, Anda bisa menggunakan flat shoes.

Kenapa pilihannya adalah flat shoes? Salah satu alasannya adalah jenis sepatu ini sangat fleksibel untuk dipakai di berbagai acara, termasuk kerja. Selain itu, sepatu ini juga sangat aman digunakan, sehat untuk kaki dan punggung. Keunggulan lainnya adalah harganya yang terjangkau, apalagi jika Anda membelinya di Blibli.

Di sana Anda akan menemukan berbagai macam pilihan sepatu sesuai dengan keinginan Anda. Selain pilihan yang lengkap, Anda juga akan mendapatkan banyak sekali promo menarik, seperti potongan harga yang lumayan besar. Kabar baiknya, Anda juga akan mendapat fasilitas pengiriman gratis ke seluruh Indonesia.

Jadi, itulah beberapa tips untuk Anda yang sedang menjalani hari pertama kerja. Tetaplah tenang, dan lakukan segala sesuatu dengan usaha terbaik Anda. Hari-hari Anda berjalan normal seiring berjalannya waktu. Hal terpenting, bersikap baiklah terhadap setiap orang. Dengan begitu, orang-orang juga akan memberikan sesuatu yang baik untuk Anda.***



 
Berita Lainnya :
  • Rapat Paripurna DPRD Pasca Upacara Hari Jadi Kabupaten Pelalawan Dihadiri Ketua Pengadilan Agama
  • DPRD Pelalawan Adakan Rapat Paripurna Tentang Kegiatan Masa Reses Anggota Dewan Daerah Pemilihan Tahun 2022
  • Kajari Rohul Dukung Kegiatan DPC IMO Rohul Giat Baksos
  • Pemkab Pelalawan Buka Penerimaan Calon PPPK Tahun 2022
  • Kadis Kominfo Hadiri Seminar Hasil Studi Komite Gender Di Industri Kelapa Sawit
  • Ekslusif! Kamarudin Simanjuntak Angkat Bicara Soal Penetapan Tersangka Houtman
  • Jadi Momentum Industri Media, IMO-Indonesia Undang Tiga Institusi Penegak Hukum
  • Sekolah Sukses Abadi Bersama Vihara Metta Karuna Maitreya Selenggarakan Seminar 'Menjadi Orang Tua Bijak Dalam Pengasuhan Anak di Era Digital'
  • Dinilai Tidak Patuh Dalam Sidang, Hakim PN Pekanbaru Diminta Tahan Terdakwa Ansori
  • Mengaku Sebagai Oknum Wartawan dan LSM, Lakukan Pemerasan di Sejumlah SPBU di Jaltim Kabupaten Indragiri Hulu
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    9 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    10 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved