www.hebatriau.com www.hebatriau.com
Follow:
 
 
BPDAS Indragiri Rokan Laksanakan Program RHL di Wilayah KPHL Pasaman Raya
Minggu, 10/12/2023 - 14:58:05 WIB

TERKAIT:
   
 

PASAMAN -- BPDAS Indragiri Rokan bersinergitas dengan KPHL Pasaman Raya dalam pelaksanaan Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) di Areal Hutan Lindung di Wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Pasaman Raya, Tahun 2022-2024 yang dilakukan secara swakelola Reboisasi Agroforesty seluas 700 Ha yang dilaksanakan di nagari Lansek Kadok dan nagari lansek kadok Barat dan Nagari taruang-taruang.

Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) ini dilakukan senagai bentuk upaya pemulihan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan, guna meningkatkan daya dukung, produktifitas dan perananya dalam menjaga sistem penyangga kehidupan. Pemilihan lokasi ini berdasarkan pada hasil telaahan peta lahan kritis, klasifikasi DAS, tangkapan air, daerah rawan bencana serta hasil pengecekan lapangan yang dituangkan dalam rancangan kegiatan.

Kegiatan RHL ini melibatkan banyak unsur baik masyarakat, pucuk adat, pemerintah nagari, Instansi Terkait serta melibatkan penegak hukum seperti TNI/POLRI dan kejaksaan, sementara untuk pengawasan dilaksanakan oleh Kelompok tersebut di dampingi Oleh BPDAS indragiri Rokan, KPHL Pasaman Raya serta Instansi Terkait. Kegiatan RHL Ini dilaksanakan oleh 12 kelompok Tani bertujuan untuk memelihara kelangsungan hidup tanaman yang sudah di tanam agar tanaman tersebut tumbuh subur dan sesuai dengan yang kita harapkan.

Kelompok yang menerima manfaat bantuan dikabupaten pasaman ada dinagari lansek Kadok terdiri dari 1 kelompok yaitu kelompok Tani Hutan Beringin Sakti, di Nagari Lansek Kadok Barat terdiri dari 9 kelompok yaitu  Kelompok Tani Kapunan, Kelompok Tani Sicancang I, Kelompok Tani Sicancang II, Kelompok Tani Sicancang III, Kelompok Tani Bukit Nyamuk, Kelompok Tani Pengambiran I, Kelompok Tani  Pengambiran II, Kelompok Tani Pengambiran III dan kelompok Tani Pengambiran IV sementara di Nagari Taruang-taruang terdiri dari 2 kelompok yaitu Kelompok Tani Mudik Air dan Kelompok Tani Sijangkang Indah.

Kepala Seksi BPDAS Indragiri Rokan, Bpk Arif Adi Suhastyo,S.Hut.M.Si menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dari tahun 2022 sampai 2024, dimana penanaman telah dilaksanakan pada tahun 2022, dan pemeliharaan tahun ke-1 (P1) pada tahun 2023 dan pada tahun 2024 akan dilaksanakan pemeliharaan tahun ke 2 (P2). Setelah selesai Pemeliharaan tahun ke 2, hasil kegiatan ini akan diserah-terimakan kepada pemangku kawasan yaitu KPHL Pasaman Raya.

Pelaksanaan penanaman tersebut telah dilaksanakan dengan pola penanaman Reboisasi Angroferestry  dengan jumlah bibit 625 batang /Hektar.  Pemilihan Bibit pelaksanaan kegiatan RHL berkarakter pada tanaman yang memiliki perakaran dalam evapotranspirasi rendah tanaman kayu kayuan, HHBK serta memiliki nilai komersial tinggi. Bibit yang dipilih berdasarkan keinginan dan permintaan kelompok sesuai dengan karakteristik yang telah ditetapkan,  sehingga mereka memilih tanaman berupa bibit kemiri, manggis, petai, jengkol,durian, alpokat, kayu manis.

Pemerintah konsisten dalam melaksanakan pemulihan ekonomi nasional masyarakat melalui berbagai program-program yang disesuaikan dengan penganggaran terkhusus melalui sumber dana APBN. Program -program yang akan dilaksanakan mempertimbangkan kesesuaian keadaan dan kondisi lahan. Harapan pemerintah melalui rehabilitasi Hutan dan Lahan dapat mencegah serta mengurangi terjadinya dampak bencana alam seperti longsor dan banjir akibat penggundulan hutan secara masal serta meningkatkan kapasitas tanah dalam kelestarian fungsi sumber air.

Pemerintah melalui BPDAS Indragiri Rokan berharap pelaksanaan Program Rehabilitasi ini dapat memberikan manfaat jangka panjang terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat, maupun menjaga keseimbangan kelestarian hutan, dan sama sama mensuksekan program ini.***



 
Berita Lainnya :
  • PEMERINTAH DESA SUKA MAJU ADA KAN MUSYAWARAH DESA BAHAS PENETAPAN KPM BLT DD DAN PEREHAPAN RUMAH MISKIN TAHUN 2024
  • PEMERINTAH DESA RESAM LAPIS LAKUKAN MUSDESUS BAHAS PENETAPAN KPM BLT
  • HUT 105 Damkar Nasional, Wabup Harapkan Petugas Semakin Profesional Lindungi Masyarakat
  • Pengamanan Pleno Tingkat Kabupaten, Polres Bengkalis Gelar Apel
  • Program Unggulan Bupati, Disdukcapil Kabupaten Bengkalis Raih Penghargaan Dukcapil Prima Award dari Mendagri
  • Diikuti 110 peserta, Bimtek UPZ Masjid dan Mushalla Rayon III Resmi Dibuka
  • Sekda Bengkalis Hadiri Pelantikan Pj. Gubernur Riau
  • Bupati Bengkalis Terima Penghargaan Baznas Award
  • Bupati Minta UPZ Masjid dan Mushalla Laksanakan Amanah Ikhlas, Cerdas dan Tuntas Dalam Optimalkan Pengumpulan Zakat
  • SF Hariyanto Jadi Pj Gubernur Riau, Ini Pesan Mendagri Tito Karnavian
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    9 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    10 Hebat…!!! Anggota Komisi A DPRD Nisel, Tantang Tim Terpadu Pemda Nisel Observasi ke Seluruh Desa
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved