www.hebatriau.com www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Gemas Dengan Kritik Dan Caci-maki Alvin Lim
Senin, 12/09/2022 - 12:49:07 WIB

TERKAIT:
   
 

Hebatriau.com | Polisi tidak anti kritik dan sudah semestinya kita semua tidak anti kritik. Polisi perlu segera berbenah diri, Polisi semestinya tidak perlu "menunggu bisa atau mampu" baru membongkar kasus-kasus yang disebutkan dalam video kritikan Alvin Lim.

Perbuatan apa saja yang dikritik segera dihilangkan, yang melanggar ditindak sesuai aturan pidana, kode etik ataupun aturan disiplin yang berlaku. Polri mesti brani segera lakukan  bongkar kasus kasus yang disebutkan oleh Alvin Lim itu. Seandainya Polisi sekarang ini benar benar berani melakukan "bongkar" pasti bisa dan mampu.

Pernyataan Alvin Lim bila melanggar hukum, mesti dimintakan pertanggung jawaban dengan diproses sesuai ketentuan hukum perihal memfitnah dengan tulisan, menghina dengan tulisan dan seterusnya. Polisi dan Kapolrinya saja di maki-maki seperti itu, rasanya "gemes dan ngenes".

Untuk itu Polisi jangan menunggu termotivasi baru bergerak, tapi Polisi segeralah bergerak, maka Polisi pasti termotivasi.Kritik tidak mesti dengan caci-maki, begitu juga menegakkan hukum tidak mesti dengan melanggar hukum.

Setiap Polisi adalah pemimpin, karena memiliki diskresi yang melekat pada dirinya sebagai insan Bhayangkara Negara. Dalamrangka mengetrapkan dan mengendalikan diskresi tersebut diperlukan  jiwa dan semangat STRONG LEADERSHIP bagi semua insan Polisi.

Polri seyogiyanya segera lakukan Fungsionalisme Struktural semua fungsi Polisi dengan menempatkan  sistem sosial termasuk Sistem hukum DI ATAS sistem Sistem Politik, sesuai pesan moral guru besar filsafat kepolisian SOEPARNO yang mengajarkan "Polisi Politik".

Polisi perlu beri penghargaan kepada Alvin Lim atas kritikan yang katanya "Cinta Polisi", dengan segala masukan2 dan makian yang berani itu, dan selanjutnya kita tunggu adanya Polisi Brani untuk "TANGKAP" Alvin  Lim, karena sudah bisa patut diduga melakukan pidana "ujaran kebencian dengan caci-makinya atau penyebaran fitnah" yang dilakukannya yang membuat image negatif terhadap institusi Polri.

Polri segera buat tim kerja untuk pelajari unsur hukum dengan pemahaman sosiologi dan psykologinya, karena Polri sudah banyak punya sarjana pintar. Perlu pelajari kata katanya sudah berapa kali dan berapa banyak kata kata Alvin Lim mengucapkan.

Polisi dan bukan "oknum polisi", itu kan "reifikasi" menyamaratakan oknum polisi menjadi semua anggota polisi, bila perlu libatkan ahli bahasa yang faham benar masalah ini, khususnya tentang "fallacy" kekeliruan dalam kontek "Alvin Lim telah melakukan kekeliruan dan kemungkinan sudah melanggar hukum pidana yang diatur dalam KUHP maupun UU-ITE".

Perlu juga kita pahami bahwa peretasan data pribadi itu adalah perbuatan pidana, dan Data yang diperoleh secara ilegal tidak bisa dijadikan barang bukti.Kita berharap semoga Polisi perlu segera bertindak proporsional dan profesional atas kritik dan makian Alvin Lim tersebut. (Rohim/SHI GROUP)

Ditulis oleh : Irjen Pol Purn. Drs Sisno Adiwinoto MM./ Pengamat Kepolisian, Penasihat ISPPI, Penasihat KBP Polri, Ketua Penasihat Ahli Kapolri.

Editor : Yolan



 
Berita Lainnya :
  • Rapat Paripurna DPRD Pasca Upacara Hari Jadi Kabupaten Pelalawan Dihadiri Ketua Pengadilan Agama
  • DPRD Pelalawan Adakan Rapat Paripurna Tentang Kegiatan Masa Reses Anggota Dewan Daerah Pemilihan Tahun 2022
  • Kajari Rohul Dukung Kegiatan DPC IMO Rohul Giat Baksos
  • Pemkab Pelalawan Buka Penerimaan Calon PPPK Tahun 2022
  • Kadis Kominfo Hadiri Seminar Hasil Studi Komite Gender Di Industri Kelapa Sawit
  • Ekslusif! Kamarudin Simanjuntak Angkat Bicara Soal Penetapan Tersangka Houtman
  • Jadi Momentum Industri Media, IMO-Indonesia Undang Tiga Institusi Penegak Hukum
  • Sekolah Sukses Abadi Bersama Vihara Metta Karuna Maitreya Selenggarakan Seminar 'Menjadi Orang Tua Bijak Dalam Pengasuhan Anak di Era Digital'
  • Dinilai Tidak Patuh Dalam Sidang, Hakim PN Pekanbaru Diminta Tahan Terdakwa Ansori
  • Mengaku Sebagai Oknum Wartawan dan LSM, Lakukan Pemerasan di Sejumlah SPBU di Jaltim Kabupaten Indragiri Hulu
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    9 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    10 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved