www.hebatriau.com www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Rakor Dengan Wapres RI, Bupati Sukiman Komit Percepatan Penurunan Stunting Dengan Melibatkan OPD Terkait di Rohul
Senin, 23/08/2021 - 19:07:02 WIB
TERKAIT:
   
 

Hebatriau.com-Rokan Hulu – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bergerak Bersama untuk Percepatan Penurunan Stunting bersama Wakil Presiden KH dan Menteri terkait yang digelar virtual, di Ruang Rapat Rumdis Bupati, Senin (23/8/2021).

Turut juga mendampingi Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadis Dalduk dan KB Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos M.Si, Kadinsos P3A Rohul Hj Sri Mulyati S.Sos M.Si dan OPD terkait.

Dalam arahannya Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Pemerintah Daerah agar dapat memetakan kembali semua program, kegiatan dan anggaran yang terkait percepatan penurunan stunting diwilayahnya.

Menurut Wapres, pemetaan itu penting untuk mengetahui sejauh mana progres program percepatan penurunan stunting di tiap wilayah.

"Program apa saja yang masih berjalan, program apa saja yang cakupannya belum merata, dan program apa saja yang terhenti selama masa pandemi," ujar Wapres

Wapres menekankan, dari pemetaan itu, Pemda bisa menyusun rencana kegiatan stunting selanjutnya dengan mengoptimalkan berbagai sumber pendanaan. Sehingga seluruh layanan yang dibutuhkan dapat diterima kelompok sasaran.

Wapres mengingatkan upaya penanganan stunting secara garis besar dilakukan melalui intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif yang difokuskan pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan.

Intervensi gizi spesifik adalah intervensi yang berhubungan dengan peningkatan gizi dan kesehatan, sementara intervensi gizi sensitif adalah intervensi pendukung seperti penyediaan air bersih dan sanitasi.

"Untuk mewujudkannya diperlukan upaya keras dari kita semua. Setiap lembaga yang terlibat diminta untuk menghilangkan ego sektoral, karena konvergensi membutuhkan kerja kolaborasi antar berbagai pihak," katanya.

Ia mengaku capaian penurunan angka stunting sebelum Pandemi sudah baik selama tujuh tahun terakhir. Pemerintah bersama pihak terkait selama tujuh tahun terakhir telah berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 37,2 persen, pada tahun 2013 menjadi 27,7 persen, pada tahun 2019.

"Upaya penurunan stunting ini harus terus dipertahankan demi untuk mencapai target 14 persen pada akhir tahun 2024," tegas Wakil Presiden Republik Indonesia kepada seluruh daerah.


Sementara itu, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman mengatakan Pemkab Rohul komitmen dan telah melaksanakan Program Pemerintah upaya percepatan penurunan Stunting dengan melibatkan OPD terkait.

Dari beberapa Program yang telah dilakukan Lanjut Sukiman, grafik angka prevalensi di Rohul menurun. Sejak tahun 2018 angka prevalensi stunting di Rohul 27.30 %, tahun 2019 turun menjadi 24.37 %. Bahkan hingga tahun 2020 angka prevalensi stunting turun 6 digit menjadi 18.7 %.

“Kita bersyukur berkat kerja keras kita semua angka prevalensi stunting di Rohul turun. Kita berharap angka Prevalensi stunting turun hingga 14 persen pada tahun 2024 sesuai dengan Program dan target Pemerintah,” harap Sukiman.

Untuk mewujudkan target itu, Mantan Dandim Inhil ini meminta OPD terkait melaksanakan Tupoksi untuk percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Rokan Hulu sesuai dengan Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

“Saya minta OPD terkait melaksanakan Tupoksi bagaimana percepatan untuk penurunan stunting, jalin kordinasi dengan OPD, agar bisa dianggarkan untuk penanganan Stunting pada APBD Rohul 2022. Dinas Dalduk dan KB sebagai koordinator saya berharap tindak lanjuti Perpres 72 Tahun 2021 dapat dilaksanakan dengan baik dalam rangka menurun stunting,” harapnya.

Sumber MC Diskominfo Rohul/Fah



 
Berita Lainnya :
  • Saat Perbaikan, KMP Permata Lestari I Alami Kebakaran
  • Kejati Riau Enggan Periksa Laporan Karena Hibah? Berikut Penjelasannya
  • Wabup Harapkan LAMR Rohul Segera Lakukan Pendataan Desa Adat dan Pengembangan SDM Pemangku Adat
  • Soal Dugaan Pelanggaran Hukum Barang Sita Eksekusi PT Asuransi Jiwasraya, Berikut Penjelasan Kejagung RI
  • Pelepasan Siswa-siswi SD Negeri TA 2023-2024 Desa Meskom
  • Ketua DPC PERADI RBA Pekanbaru, Dr. Martin Purba Komitmen Dukung Kinerja Kantor KPP Pratama Pekanbaru Senapelan
  • Terang-Terangan! Bisnis Togel Thiam Hin di Bangka Barat Tak Tersentuh Hukum
  • Ketum PMN Respon Pernyataan Wan Abu Bakar Terkait Isu Putra Asli Daerah: Tolong Bapak Jelaskan Makna Pernyataan Bapak Itu!
  • Disdik Bengkalis Keluarkan Surat Edaran Larang Sekolah Lakukan Study Tour
  • Tindakan Tegas Polres dan Pemkab Bengkalis, Billboard Milik Swasta yang Membahayakan Masyarakat Dibongkar
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    9 Hebat…!!! Anggota Komisi A DPRD Nisel, Tantang Tim Terpadu Pemda Nisel Observasi ke Seluruh Desa
    10 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved