www.hebatriau.com
www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Dugaan Limbah Cemari Sungai Sitalas, DLH Pemkab Rohul Sanksi Dua PMKS, Atas Lapduma Nurdin Tambunan.
Kamis, 10/06/2021 - 16:58:33 WIB

hebatriau.com-ROKAN HULU - Laporan Pengaduan Masyarakat (Lapdumas) limbah cair diduga cemari sungai sitalas Desa Tanjung Medan, Kecamatan Tambusai Utara pada tanggal 3 Juni 2021, setelah temuan tanggal 2 Juni 2021, langsung ditindaklanjut Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, (Pemkab Rohul) dan melakukan ekspos hasil analisis UPT. Laboratorium.

Sementara pada Lapdumas tersebut yang dilaporkan yakni, Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT Torganda Perkebunan Rantai Kasai Desa Tambusai Utara dan PMKS PT. Nagamas Agro Mulia (NAM) Tanjung Medan.

Dari ekspos di Kantor DLH setempat Kamis, (10/6) dihadiri Kabid P4LH Muzayyainul Arifin, ST.M.Si, bersama Kabid P2KLH T. Omar Krishna Adiwinata, ST, PPLDH Ir.Ma'as, MM, Kasi Pengaduan/Pimpinan Rapat Andriyadi, ST, Kasi Lobaratorium Rozali, TU Laboratorium Akhyarni, staf Rudi.

Kemudian dari PMKS PT Torganda, Jumpang D Sitorus Asisten Administrasi, Masda Ida Boru Sirait Asisten Quality Control dari PMKS PT.Nagamas Mil Manager H. Susanto, KTU Khairil Akbar dan Nurdin Tambunan dari Masyarakat selaku pangadu.

Ekspos tersebut, sesuai hasil UPT laboratorium setelah diambil sample sungai sitalas tanggal 5 Juni 2021 oleh DLH Pemkab Rohul, untuk PMKS PT Torganda Rantau Kasai menunjukkan ada beberapa item yang memenuhi baku mutu dan ada yang tidak dan melebihi memenuhi baku butu, dengan data parameter diantaranya, pH memenuhi baku mutu, BOD tidak memenuhi baku mutu, COD tidak memenuhi baku mutu, TSS memenuhi baku mutu, netrogen total tidak memenuhi baku mutu.

"Sesuai hasil laboratorium, parameter ke dua PMKSnya ada tidak memenuhi baku mutu dan ada yang memenuhi dan melebihi baku mutu," kata Kabid P4LH DLH Pemkab Rohul.

Manjawab wartawan apa ada sanksi ? kata Muzayyainul akan menerbitkan rekomendasi yang dituangkan dalam berita acara atau notulen rapat di dua PMKS tersebut, selama 7 hari kedepan setelah ditandatangani berita acara, untuk melakukan membantu pemulihan sungai Sitalas dan menabur bibit ikan di sungai sitalas. Disarankan Pihak perusahaan melaksanakan pengambilan sample limbah setiap Minggu selama 3 Minggu oleh DLH Pemkab Rohul melalui UPT Laboratorium.

Pihak DLH Rohul juga menyarakan kedua manajemen PMKS memanfaatkan limbah cair Leand Aplikasi di wilayah perkebunan kelapa sawit nya dengan tidak membuang Air limbah ke sungai sitalas.Kalaupun dibuang ke sungai supaya memenuhi baku mutu sehingga tidak mencemari sungai.

"Kita juga mengharapkan dan mengharapkan dua PMKS nya menjadi contoh dan memberikan contoh untuk memanfaatkan limbah PMKSnya di kebun kelapa sawit," tutur Kabid P4LH DLH Pemkab Rohul.

Begitu juga dengan PMKS PT NAM Tanjung Medan untuk melakukan peningkatan IPAL dengan mengoptimalkan, mengaktifkan teknologi pengelolaanya lumpur aktif. "Kemudian air limbahnya dimanfaatkan di Kebun Kelapa Sawit, Tidak lagi membuang limbah sembarangan yang bisa mencemari sungai sitalas." Tegas Muzayyainul.

Sementara itu dari Perwakilan PT Torganda Rantau Kasai M.Ida Boru Sirait, apa rekomendasi dari DLH Pemkab Rohul akan ditindaklanjuti untuk disampaikan ke Kantor Direksi yang berada di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

"Rekomendasi DLH Pemkab Rokan Hulu, kami tindaklanjut sampaikan ke kantor Direksi, nanti apa yang diperintahkan Kantor Direksi, kami di PT Torganda Rantau Kasai akan laksanakan," tandas Boru Sirait.

Kemudian disampaikan Manajemen PMKS PT. Nagamas Agro Mulia melalui Mil Manager H.Susanto juga menerima rekomendasi notulen rapat dari DLH Pemkab Rohul.

"Ya, kita segera sampaikan sama pimpinan untuk langsung tindaklanjut," kata perwakilan PT NAM Tanjung Medan.

Untuk diketahui notulen rapat diterbitkan DLH Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu masing-masing pihak sudah tandatangan. (Fah/SHI Group)



 
Berita Lainnya :
  • Diskominfo Fasilitasi CSR Berbasis Web, PUPR Rohul MoU Perusahaan Bangun Infrastruktur Melalui Program TJSP.
  • Masyarakat 3 Desa, Desak Komisi II DPRD Rohul, Hearing Hasil Identifikasi PT Hutahaean Dalu-dalu
  • H.Sukiman-H.Indra Gunawan Akan Dilantik 21 Juni Jadi Bupati dan Wakil Bupati Rohul 2021-2024
  • Pesan Pangdam XVIII/Kasuari Saat Pimpin Acara Pelepasan Penerimaan Pejabat Kodam
  • Resahkan Masyarakat, Kabareskrim Polri Perintahkan Sikat Habis Pinjaman Online Ilegal
  • Gedung Operasional Vaksin Center RS Bhayangkara Polda Riau Diresmikan, Gubernur Riau Harapkan Dapat Bermanfaat Bagi Masyarakat
  • Polres Kuansing Melaksanakan Pelatihan Aplikasi Silacak Kepada Seluruh Bhabinkamtibmas
  • Adelin Lis, Satu Terdakwa Kasus Korupsi Besar di NKRI Buron Kelas Kakap, Sudah Ditangkap, Kini Tidur Dalam Penjara
  • Kok Bisa Ya, 1.917 Unit Kendaraan Dinas Milik Pemkab Kampar Tak Miliki BPKB
  • Polisi Grebek Rumah Mewah di Pekanbaru, Seorang Wanita Diamankan, Terkait Kasus Narkoba
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    2 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    8 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    9 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    10 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved