www.hebatriau.com
www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Ekspose 19 Juli 2020 Terkonfirminasi Positif OTG Jadi 2 Orang, TGT Covid-19 Rohul Himbau Masyarakat Tetap Protokol Kesehatan
Minggu, 19/07/2020 - 23:15:53 WIB

ROKAN HULU -  Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab-Rohul) Provinsi Riau, Minggu (19/07/2020), gelar konferensi pers di media centre Covid-19 terkait adanya penambahan terkonfimasi 1 Positif Orang Tanpa Gejala (OTG). Sampai dengan hari ini menjadi 2 OTG. Keduanya masih dirawat Isolasi di RSUD Rokan Hulu Pasirpengaraian.

Data ini sesuai Rekap Surveilens Covid 19 RSUD, Dinas Kesehatan, berasal dari laporan Kepala Puskesmas se Kabupaten Rokan Hulu dan data seluruh Dokter, Bidan dan Petugas Kesehatan di Kecamatan dan Desa se Kabupaten Rokan Hulu setelah diumumkan oleh Tim Gugus Tugas Provinsi Riau

Pada ekspose ini disampaikan Ketua TGT Covid-19 Pemkab Rohul juga Bupati Rohul H. Sukiman melalui Juru Bicara Drs. Yusmar, disampingi Kabid P2P Dinas Kesehatan Pemkab Rohul dr. Darmadi Lubis mewakili Kepala Dinas Kesehatan dr. Bambang Triono, Orang Dalam Pemantauan (ODP) total 8.743 orang, dengan status masih dipantau 279 orang, penambahan ODP baru 18 orang, berkurang ODP di pantau 14 orang bertambah ODP selesai di pantau 32 orang.

"ODP  ini, warga yang kembali dari luar Rokan Hulu, atau warga lain yang datang ke Rokan Hulu, dari daerah yang sudah terinveksi Covid 19," kata Jubir Tim Gugus Tugas Covid-19 Rohul.

Lanjut Yusmar, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berdasarkan keterangan Tim Medis, melalui Direktur RSUD Rokan Hulu dan hasil Rekap Surveilens Penanganan Covid 19, Dinas Kesehatan, ada penambahan PDP baru 1 OTG terkonfimasi Positif Covid-19.

"Sehingga total PDP berjumlah 72 orang, selesai perawatan 70 orang, 2  orang masih di rawat/isolasi, 1 orang terkonfermasi Positif OTG," jelas Yusmar.

Lanjutnya, Status Positif ada penambahan 1 OTG, sehingga saat ini status positif menjadi 5 orang, dengan rincian 3 orang telah sehat, status Positif menjadi 2 OTG Atas nama B.A, 20 tahun dan nyonya N 31 tahun, salah satu petugas kesehatan bertugas di Puskesmas Unit 1 Kecamatan Rokan IV Koto.

"Yang mana Nyonya N ini  riwayat perjalanan Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara awal bulan Juni 2020 lalu dan saat ini kedua OTG sedang  di rawat isolasi di RSUD Rokan Hulu Pasirpengaraian," jelas Jubir TGT Covid-19 Pemkab Rohul.

Adanya penambahan status  Positif OTG ini, Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Rohul tetap menghimbau masyarakat untuk tidak panik, namun tetap waspada pada wabah Pandemi Covid-19 ini yang sedang melanda Indonesia dan Dunia dengan mari tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Dijelaskannya untuk mengatisipasi serta pencegahan wabah bencana non alam ini, di daerah perbatasan masih dilaksanakan pemeriksaan dan terus sosialisasi pelaksanaan Protokol Kesehatan meski sudah diumumkan penerapan tatanan baru atau adaptasi kebiasaan baru, dan tetap dihimbau kepada warga untuk tetap berpedoman pada Protokol Kesehatan.

"Pakai Masker, jaga jarak, hindari keramaian/berkumpul, cuci tangan dengan sabun/air mengalir, menunggu pengumuman resmi dari pemerintah pusat," imbaunya.

Sementara itu menjawab wartawan ditambahkan Kabid 2P2 Dinkes Pemkab Rohul dr. Darmadi Lubis, Kedua OTG ini sedang dirawat di isolasi di RSUD Rokan Hulu Pasirpengaraian. An. BA hasil swab 3 dan 4 masih terkonfirmasi positif dan sedang menunggu hasil swab 5 dan 6, diharapkan hasilnya nanti negatif.

"Sedangkan Nyonya N ini terkonfirmasi positif OTG  hari ini, setelah diumumkan hasil pengambilan swab masal petugas kesehatan Puskesmas Rokan IV Koto untuk analis sendiri  yang diambil pada  tanggal 16 Juni 2020," jelas Darmadi Lubis.

Lanjut Darmadi, untuk mengatisipasi, langkah pertama diambil sesuai dengan hasil kesepakatan, untuk sementara Puskesmas Unit 1 Rokan IV Koto mulai besok tidak melayani pelayanan. Karena petugas kesehatan yang diduga kontak dengan OTG Nyonya N kembali dilakukan pengambilan sample swab nya, meski hasil swab yang sudah diumumkan negatif. 

Dan begitu juga kepada keluarga Nyonya N, Suami dan anaknya  dilakukan pengambilan swabnya.

"Sedangkan Pelayanan masyarakat di alihkan di Unit II Puskesmas Pembantu (Pustu) Kecamatan Rokan IV Koto di Desa Koto Ruang,"  pungkasnya. (Fah/SHI Group/Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Rohul)

Keterangan foto Juru Bicara  Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Rohul Drs. Yusmar, M.Si didampingi Kabid P2P Dinkes Rohul dr. Darmadi Lubis.



 
Berita Lainnya :
  • Penghulu Teluk Mesjid Siak, Diduga Ancam Ketua LAI KGS Riau Terkait Dugaan Mark Up dan Fiktifkan Belanja DD 2020 Di Wabah Corona
  • Polsek Kunto Darussalam "Gulung" 9 Pelaku Tindak Pidana Perjudian
  • Ini Pesan Kapolres Rohul Saat Silaturahmi Dengan Upika Kecamatan Rokan IV Koto
  • Survei MarkPlus: Masyarakat Beri Nilai Positif Pelayanan dan SDM Bareskrim Polri
  • Polisi Buru Pencuri Ternak Sapi di Tandun, Diminta Serahkan Diri
  • Dugaan Limbah Cair PMKS Cemari Sungai Rangkayo Desa Batang Kumu, DLH Sudah Ambil Sample Untuk Dilabor
  • Diwabah Covid-19 Diduga Mark Up dan Fiktif Belanja DD 2020, Penghulu Teluk Mesjid Siak Malah Arogan
  • Selama Dua Hari Mayat Mahasiwa Telkom University Di Simpan Dukun Pembunuh Dalam Kamar
  • Berdalih Bantu Janda Yang Butuh Uang Dan Belaian Mucikari Di Banyuwangi Di Tangkap
  • Dirut PT PLN Beserta Jajaran Menyambangi KPK Untuk Membahas Terkait Tata Kota Aset Dan Mobil Listrik
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    3 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    4 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    5 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    6 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    9 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
    10 Pemda Nisel Dinilai Gagal Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved