www.hebatriau.com www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Plh Bupati Rohul Dengarkan Instruksi Presiden Pada Rakornas PIP 2021
Kamis, 27/05/2021 - 17:22:23 WIB

TERKAIT:
   
 

ROKAN HULU, hebatriau.com – Plh Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Abdul Haris S.Sos M.Si mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah (PIP) Tahun 2021 bersama Presiden Joko Widodo secara Virtual, Kamis (27/5/2021)

Ditingkat Pemkab Rohul, Rakornas PIP 2021 digelar di Ruang Rapat Inspektorat Rohul, turut dihadiri Inspektur Inspektorat Rohul H. Helfiskar SH MH, Sekretaris Inspektorat Daerah Rohul Alreza Ahyu SE M.Si Ak dan para Auditor Intern Pemerintah.

Disela Pembukaan Rakornas tersebut, Presiden Jokowi menekankan peran utama dari sistem pengawasan yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ialah menjamin tercapainya sasaran pokok pembangunan secara akuntabel, efektif, dan efisien.

Oleh karena itu, orkestrasi yang seirama sejak mulai perencanaan program, penganggaran, pelaksanaan, hingga pengawasannya serta akurasi data harus terkelola dengan sangat baik dalam rangka mencapai tujuan tersebut.

“Mengikuti prosedur itu penting, tetapi jauh lebih penting adalah tercapainya target-target yang telah ditetapkan. Sekali lagi, ini juga harus secara akuntabel, efektif, dan efisien,” ujar Presiden Joko Widodo

Presiden mengatakan, rakyat menunggu hasil dari program yang dijalankan pemerintah. Rakyat juga menunggu manfaat dari setiap rupiah yang dibelanjakan pemerintah. Maka, pengawasan yang dilakukan juga harus menjamin sejak awal pelaksanaan bahwa tidak ada serupiah pun yang disalahgunakan.

Terhadap segala penyalahgunaan anggaran tersebut, Kepala Negara itu menegaskan bahwa pihaknya tidak akan memberikan sedikit pun toleransi.

“Apalagi di saat kita seperti sekarang ini, semua harus dihemat dalam rangka menghadapi pandemi. Di saat kita sedang bekerja keras untuk mempercepat pemulihan kesehatan dan ekonomi,” imbuh Presiden.

Usai Rakornas PIP 2021, Plh Bupati Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si saat dikonfirmasi Media Center Diskominfo Rohul, Kamis (27/5/2021) mengatakan Rakornas PIP 2021 ini Presiden menekankan pentingnya peranan BPKP dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) didaerah untuk melakukan pengawasan penggunaan anggaran untuk setiap kegiatan.

“Pada hari ini kita menerima arahan dari bapak Presiden dalam kegiatan Rakornas PIP 2021, dimana bapak Presiden menekankan bagaimana peranan BPKP dan APIP didaerah untuk melakukan pengawalan terhadap penggunaan anggaran baik untuk Pandemi Covid-19 maupun Pemulihan Ekonomi Nasional,” terangnya

Lanjut Haris, bagaimana fungsi pengawasan bisa menjamin ketepatan sasaran, Perencanaan dan Pelaksanaan kegiatan. Namun yang tak kalah pentingnya adalah capaian tujuan terhadap pelaksanaan kegiatan yang dilakukan bisa dinikmmati oleh masyarakat.

“Jadi bapak preseiden menekankan bahwa yang dinikmati oleh masyarakat adalah hasil kerjanya, ini yang menjadi penekanan bapak presiden dan mengharapkan seluruh APIP didaerah selalu meningkatkan pelaksanaan tugasnya,” ujarnya

“Terutama memastikan meningkatnya kualitas perencanaan, jadi penekanan perencanaan harus betul-betul perencanaan yang dibutuhkan oleh masyarakat dan juga perencanaan yang tidak sifatnya rutinitas tahun ke tahun, hanya monoton dari satu bidang tetapi menyesuaikan dengan kebutuhan yang berkembang di masyarakat,” ujarnya

Selain dari kualitas perencanaan yang semakin meningkat, Dikatakan Plh Bupati, Presiden juga menekankan perlunya juga ketepatan data sehingga apapun nanti yang menjadi program pemerintah baik di pusat maupun di daerah berdasarkan data yang baik memang betul-betul valid sehingga nanti sasaran yang diharapkan bisa dicapai. (Diskominfo Rohul/Adv).





 
Berita Lainnya :
  • Bahas 8 Poin Penting Ini ! Kajati Riau Akmal Abbas Ikuti Musrenbang Kejaksaan RI 2024
  • Kegiatan Safari Ramadhan Perdana Bupati Pelalawan H. Zukri,SE di Desa Betung
  • Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 Dihadiri Wakajati Riau
  • Kejari Pasir pengaraian Bekerjasama Dengan Diskominfo Rohul Dilakukan Pelatihan Jurnalistik
  • Wabup Rohul Hadiri Acara Prosesi Adat Jalang Monjalang Mamak 1445 M
  • Kejari Pasir pengaraian Bekerjasama Dengan Diskominfo Rohul Dilakukan Pelatihan Jurnalistik
  • Jembatan 6,7 KM Akan Dibangun Oleh Dinas PUPR Dengan Anggaran Sebesar RP 7 Triliun Untuk Pulau Bengkalis - Sumatera
  • Pilkada, Dinkes Siap Fasilitasi Pelayanan Kesehatan KPU Bengkalis
  • 468 JCH Rohul Tahun 2024 Diperkirakan Berangkat Tanggal 18 Dan 24 Mei
  • Kajati Riau Terima Kunjungan Anggota DPR RI Dr. Junimart Girsang
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    9 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    10 Hebat…!!! Anggota Komisi A DPRD Nisel, Tantang Tim Terpadu Pemda Nisel Observasi ke Seluruh Desa
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved