www.hebatriau.com
www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Advetorial
Bupati Ikut Kastrasi Perdana di Areal Kebun KUD Makarti Jaya, Program PSR Desa Kumain Berjalan Optimal
Kamis, 30/07/2020 - 14:14:09 WIB

ROKAN HULU - Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) menjadi pondasi baru perkebunan sawit rakyat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), seperti di plasma KUD Makarti Jaya Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Rohul.

Selama ditanam perdana Menteri BUMN, Gubernur Riau dan Bupati H.Sukiman, Kamis (11/4/2019) tahun lalu, program PSR itu bantuan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang ditanam seluas 723 hektar, kini tumbuh subur dan berumur 16 bulan.

Memastikan program PSR berjalan sesuai dengan ekspektasi Pemeritah dan masyarakat, Rabu (29/7/2020) sore, Bupati Rohul H.Sukiman, monitorong dan kastrasi ke areal kebun Plasma KUD Makarti Jaya, Binaan PT. Perkebunan Nusantara V (PTPN V) bantuan Program BPDPKS. 

Dalam monitoring kstrasi, Bupati Sukiman didampingi Dirut PTPN V, Kadis Nakbun Rohul CH Agung Nugroho STP, Kadis PUPR Rohul Anton ST MM, Kadis DKPP Barikun SP, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos M.Si, Camat Tandun M. Rodi S.Sos, Ketua KUD Makarti Jaya, Kades Kumain Darwadi dan masyarakat.

Bupati Sukimam tak canggung memegang dodos saat melakukan Kastrasi atau pemangkasan terhadap bunga jantan dan bunga betina pada kelapa sawit.“

Hari ini saya bersama dengan Kepala Dinas Nakbun dan OPD lainnya, Dirut PTPN V, Ketua KUD Makarti Jaya telah melakukan kastrasi dan kembali tinjau sawit hasil dari program PSR yang ditanam langsung Menteri BUMN, Gubri beberapa tahun yang lalu,” ucap H. Sukiman.

“Kita lihat bersama, di lahan 723 hektar ini dengan usia tanam 16 bulan, kita lihat pertumbuhan Kelapa Sawit isubur dan bunganya juga bagus. Kami bangga dengan kerja keras KUD dan PTPN V, sehingga Program PSR di Desa Kumain ini berjalan optimal dan sebentar lagi mudah-mudahan dapat dinikmati masyarakat,” harap Sukiman.

Bupati juga berharap, program PSR bisa diikuti masyarakat dan kelompok tani di Rohul yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit yang sudah masanya dilakukan peremajaan. Karena melalui program PSR Pemerintah mengucurkan bantuan Rp25 juta per hektar.

"Bila kkitaserahkan ke ahlinya, sawit yang kita tanam sudah tumbuh dan berkembang dengan baik. Kami berterima kasih kepada PTPN V yang tekah bekerjasama dan membina KUD Makarti Jaya dan masyarakt Kumain, mudah-mudahan hasilnya maksimal untuk kejehteraan masyarakat,” harap Sukiman.

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Rohul CH Agung Nugroho STP mengakui, kastrasi perdana yang dilakukan Bupati Rohul H. Sukiman sejak ditanam perdana, bermanfaat memperkuat pertumbuhan Vegetasi pada batang kelapa sawit.

Di KUD Makarti Jaya telah diplotkan dengan luas tanam 723 hektar dengan jumlah 289 KK. Dari tahun 2018 KUD Makarti Jaya telah mendapatkan bantuan dari BPDPKS total dana 18 Milyar. Kelapa Sawit yang ditanam pada Bulan April 2019 lalu, yang ditanam  perdana Menteri BUMN.

“Saat ini kelapa sawit berusia 16 bulan, secara teknis atronomis dengan budidaya kelapa sawit yang baik. KUD Makarti Jaya bermitra dengan Perusahaan BUMN PTPN V, saatnya dilakukan Kastrasi Perdana oleh Bupati  Rohul H. Sukiman,” terang Agung.

DijelaskanAgung, kastrasi merupakan pengambilan bunga jantan atau bunga betina saat umur tanam 14-24 bulan, yang berfungsi memperkuat batang dari Kelapa sawit supaya nutrisi terserat ke batang.

“Kastrasi sangat berguna bagi tanaman, memutus siklus hama tandan, mempercepat pertumbuhan batang atau pokok kelapa sawit. Kalau tidak diambil bunga-bunganya nutrisinya akan terserap ke bunga-bunga, makannya bunga-bunga tumbuh kita ambil sampai umur 24 bulan bisa 7 sampai 8 kali pengambilan Kastrasi. Gunanya memperkuat tumbuhan Vegetasi batang, agar nanti buah yang sebenarnya dihasilkan kepala sawit dengan kekuatan pohon batang sehingga buahnya semakin maskimal,” sebut Agung. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Keterangan foto, Bupati Rohul H.Sukiman, monitorong dan kastrasi di kebun Plasma KUD Makarti Jaya, Binaan PTPN V bantuan Program BPDPKS.



 
Berita Lainnya :
  • Penghulu Teluk Mesjid Siak, Diduga Ancam Ketua LAI KGS Riau Terkait Dugaan Mark Up dan Fiktifkan Belanja DD 2020 Di Wabah Corona
  • Polsek Kunto Darussalam "Gulung" 9 Pelaku Tindak Pidana Perjudian
  • Ini Pesan Kapolres Rohul Saat Silaturahmi Dengan Upika Kecamatan Rokan IV Koto
  • Survei MarkPlus: Masyarakat Beri Nilai Positif Pelayanan dan SDM Bareskrim Polri
  • Polisi Buru Pencuri Ternak Sapi di Tandun, Diminta Serahkan Diri
  • Dugaan Limbah Cair PMKS Cemari Sungai Rangkayo Desa Batang Kumu, DLH Sudah Ambil Sample Untuk Dilabor
  • Diwabah Covid-19 Diduga Mark Up dan Fiktif Belanja DD 2020, Penghulu Teluk Mesjid Siak Malah Arogan
  • Selama Dua Hari Mayat Mahasiwa Telkom University Di Simpan Dukun Pembunuh Dalam Kamar
  • Berdalih Bantu Janda Yang Butuh Uang Dan Belaian Mucikari Di Banyuwangi Di Tangkap
  • Dirut PT PLN Beserta Jajaran Menyambangi KPK Untuk Membahas Terkait Tata Kota Aset Dan Mobil Listrik
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    3 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    4 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    5 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    6 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    9 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
    10 Pemda Nisel Dinilai Gagal Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved