www.hebatriau.com
www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Di Desa Pematang Tebih, Bupati Sukiman Minta BUMDes Buat Terobosan dan Transparansi
Selasa, 21/01/2020 - 16:15:31 WIB

ROKAN HULU -- Bupati Rokan Hulu, (Rohul) H. Sukiman di acara Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan Bumdesa (MPTB), Tebih Mandiri, di Aula Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujungbatu, Selasa (21/1/2020) minta BUMDes untuk transparasi, serta selalu membuat terobosan baru yang inovatif dan kreatif sebagai daya tarik pelanggan atau pembeli.

Pada acara itu, juga dihadiri Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Staff Ahli Bupati Irpan Ridho, Kadis DTPH Rohul Mubrizal SP MMA, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos, Kadis DPPKB Drs Sariaman, Camat Ujung Batu Fisman Hendri S.Hut, Kepala Desa Pematang Tebih Selamat, Direktur Bumdesa Tebih Mandiri dan Kepala Desa se Kecamatan Ujung Batu.

"Saya minta pengelola transparansi dan berharap Badan Usaha Milik Desa ini untuk selalu membuat terobosan baru yang inovatif, sehingga dari hasilnya bisa memberikan dampak positif untuk perekonomian masyarakat," kata Bupati.

"Kepada pengelola Bumdesa juga diminta transparansi dan tertib administrasi, sebaliknya kepada pemanfaat dana Bumdesa untuk jujur dan taat membayarkan kewajibannya, sehingga perguliran dana Bundesa juga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat lainnya, tidak itu-itu saja yang dapat pinjaman," Tegas Bupati mantan Dandim itu lagi.


Tambah Sukiman, untuk tertib administrasi, evaluasi juga perlu dilakukan, agar kedepannya Bumdes ini semakin jaya dan maju, karena di tempat lain Bumdes ini sebagai lokomotif perekonomian masyarakat di Desa.

"Bumdesa Tebih Mandiri ini kedepannya harus tertib administrasi dan evaluasi untuk yang akan datang, seperti Desa yang lain SHU nya sudah ada yang mencapai 1 Milyar dan 2 Milyar, Tempat lain ada juga yang buat usaha kripik tahu, Kampung Resto lele dan lain sebagainya, pokoknya harus inovatiflah," katanya

Diakui Sukiman, diperiode kepemimpinannya ini komit membangun infrastruktur desa. Sementara Untuk Desa Pematang Tebih, Pemkab memberikan bantuan disektor pertanian1 Unit Cultivator, 5 Unit Pompa Air, Pengembangan Hortikultura seluas 10 Ha, Cabe, Bayam, Kangkung, Timun dan Terong masing-masing seluas 2 Ha.

"Sementara permintaan kepala Desa untuk membangun aspal jalan menuju Desa Pematang Tebih akan kita lakukan secara bertahap, mengingat keterbatasan keuangan daerah kita, kedepannya akan kita upayakan, karena kita juga membangun diseluruh kecamatan dan Desa-Desa di Rohul," tuturnya.

Untuk kemajuan Bumdesa Tebih Mandiri, diera globalisasi saat ini Bumdesa diminta semakin inovatif dan kreatif agar bisa mendorong Bumdesa memberikan keunggulan komparatif yang berbasis kearifan lokal yang bisa mengenalkan unit usaha dan potensi Bumdesa tersebut kedaerah luar.

Sementara itu, Kepala Desa Pematang Tebih Selamat berharap melalui MPTB ini dapat bermanfaat untuk evaluasi demi perkembangan Bumdesa Tebih Mandiri

Selamat menjelaskan laporan MPTB Bumdesa Tebih Mandiri, Sampai saat ini Bumdesa Tebih Mandiri bergerak di Unit Usaha Jasa Keuangan dan Saprodi Pupuk, yang telah dimanfaatkan 645 orang dari berbagai jenis usaha, dengan perkembangan dana per Desember 2019 sebesar Rp 4.138.000.000

"Sehingga dari Bumdesa ini dapat menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) 10 % sebesar Rp Rp 5.041.872 dana Sosial 2.520.936 dan Cadangan Modal Rp 20.167.467," ujarnya

Tambah selamat, selain minta pengaspalan jalan, warga juga meminta kepada Pemkab Rohul untuk membangun Pamsimas, pasalnya didusun makmur air sumurnya tidak bagus, jadi warga saat ini masih ketergantungan dengan air Pam.(Fah/hr/Kominfo).



 
Berita Lainnya :
  • Hitungan Jam, 3 Pelaku Judi Online Ditangkap Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Kuantan Singingi dilokasi Yang Terpisah
  • Pelaksanaan Pembubaran Panitia Natal Serta Syukuran Tahun Baru Di Gereja AFG Lolozarambua Di Desa Lahemo Kec.Gido
  • Ini Pandangan Majelis Rektor Soal Kasus Self -Plagiarism USU Terpilih
  • Satpol PP Kota Tangsel Ancam Tutup Kafe-Kafe Yang Melanggar Aturan PPKM
  • Presiden Jokowi Menerbitkan Perpres Terkait pencegahan Dan Penanggulangan Extremisme
  • Ketua FKPM Dukung Penuh Penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo Sebagai Calon Kapolri
  • Seorang Pria Warga Koto Ruang, Gantung Diri Ditemukan Dirumah Kebunnya Sudah Meninggal.
  • Penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo Menjadi Kapolri Mendapat Apresiasi dari Tokoh Agama Kab Kuansing
  • 3 SMA di Ramhil Rohul Akan Gelar Belajar Tatap Muka Terbatas, Kapolsek Iptu Budi Ikhasani Monitoring Dengan TGT Covid-19
  • Ninik Mamak Ujungbatu Dukung Komjen Pol Listyo Sigit Jadi Kapolri Baru Diusulkan Presiden Jokowi Dodo.
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    3 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    4 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    5 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    6 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    9 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
    10 Pemda Nisel Dinilai Gagal Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved