www.hebatriau.com www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Pengusutan Kasus Dugaan Korupsi Pembangunan DIC Duri Dinilai Kurang Serius
Sabtu, 16/09/2023 - 10:05:28 WIB

TERKAIT:
   
 

Hebatriau.com, BENGKALIS -- Kasus penanganan dugaan korupsi Proyek Duri Islamic Center (DIC) Bengkalis terkesan jalan ditempat pasalnya diketahui kasus yang ditangani oleh kejaksaan Negeri Bengkalis semasa kepala kajari dijabat oleh Nanik Khusartanti,S.H,M.H hingga kepala kejaksaan negeri bengkalis silih berganti belum ada kejelasan sehingga banyak pihak berasumsi ada apa sebenarnya?.

Sebelumnya diketahui, Bukan hanya Ketua DPRD Bengkalis dan Organisasi kemahasiswaan aja yang mempertanyakan perkara tersebut akan tetapi salah satu tokoh NGO juga angkat bicara dan mempertanyakan perihal kasus DIK yang sudah sekian tahun di tangani Kajari Bengkalis.

Tokoh Non Governmental Organization (NGO) Bengkalis, Solihin Angkat Bicara terkait penanganan kasus dugaan korupsi tersebut. "Permasalahan kasus ini perlu adanya kejelasan dari pihak Kejaksaan Negeri Bengkalis"ungkapnya, Jumat (15/09/23).

Kepada media ini Tokoh NGO Bengkalis Solihin mengatakan, menyikapi perkara Duri islamic Center (DIC) , Kita pertanyakan kerja Kejaksaan Negeri Bengkalis terkait penanganan kasus Duri Islamic Center, Nah kita tahu di dalam itu ada indikasi kerugian negara kurang lebih satu milyar lebih.

Pada saat Bu Nani Kusartanti SH.MH menjadi Kajari Bengkalis status perkara itu sudah masuk pada tahap penyidikan, walaupun kita dengar ada pengembalian dana, akan tetapi pada intinya bisa saja terjadi pengembalian dana tapi setelah 2 bulan atau 60 hari setelah menyelidikan setelah audit hasil BPK itu dilakukan.

"Jika ada pengembalian tapi ini sudah lewat sudah sekian lama sudah masuk pada tahap penyidikan. jika dikatakan ada pengembalian dana apa sekarang indikasi perbuatan pidana itu tidak masuk. sekarang kalau memang perkara itu di hentikan mana SP3-nya,terlebih lagi perkara ini sudah hampir 3 tahun ,dan ini menjadi pertanyaan besar bagi kita sudah sekian lama bukan sedikit anggaran bahkan sekitar Rp38 milyar yang terserap di situ bahkan Baru-baru ini HMI Cabang Bengkalis juga mempertanyakan kepada Kajari tentang perkembangan kasus dugaan korupsi di Bengkalis, yang sampai hari ini belum terselesaikan dan belum ada kepastian hukumnya” ujar solihin

“Dan bangunan ini sekarang mangkrak, bahkan Ketua DPRD Bengkalis Khairul Umam juga mengatakan pada saat konferensi pers terhadap mosi tidak percaya Anggota DPRD Bengkalis terhadap dirinya dan wakil ketua DPRD Bengkalis Syahrial di rumah dinasnya mengatakan bahwa Proyek Duri Islamic Center ini mangkrak puluhan milyar uang rakyat terbenam dan tidak tahu peruntukan”tutup solihin.

Untuk diketahui, Proyek DIC ini digulir pada tahun 2019 era Bupati Bengkalis Amril Mukminin. Proyek dengan anggaran Rp 38,4 miliar lebih itu berada di Dinas PUPR Bengkalis.

Dalam proses lelang (tender), proyek ini dimenangkan oleh PT. Luxindo Putra Mandiri, dengan nomor kontrak, 01-NK/SP/KPS/PUPR-CK/II/2019, tanggal kontrak 25 Februari 2019. Kepala Dinas PUPR kemudian mengangkat JI selaku PPK dan BM selaku PPTK.

Ternyata, dalam pelaksanaannya diduga ada yang tidak sesuai bestek. Ketidaksesuaian ini menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Riau menemukan kelebihan bayar Rp 1,8 miliar, itu diduga lambat dikembalikan oleh kontraktor.

Bahkan, saat perkara ini diselidiki (pengumpulan barang bukti dan keterangan) kelebihan bayar diduga belum dikembalikan seluruhnya. Terkait jabatan dalam proyek ini kabarnya beberapa bulan lalu JI dan  BM dimintai keterangan oleh penyidik Pidsus Kejari Bengkalis.

Selain kedua ASN di PUPR Bengkalis itu, penyidik juga memeriksa Direktur Luxindo Putra Mandiri, L yang disebutkan sumber adalah pengusaha terkenal di Kota Duri berinisial A dan kepala tukang (mandor) proyek.*(TIM)



 
Berita Lainnya :
  • Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Nias Utara Tahun 2025-2029
  • Serentak Se Indonesia Pemerintah Desa Senderak Ikut Sukses Kan PIN Polio Tahun 2024
  • Pembukaan POPDA lX Kepri, Walikota Batam Ajak Atlet Junjung Sportivitas
  • Polresta Barelang Berikan Imunisasi Gratis Kepada Masyarakat Kel. Baloi Permai Kota Batam
  • Rapat Koordinasi TPPS Batam, Target Penurunan Stunting Sentuh 10,8 Persen
  • Wakil Bupati Nias Utara Ingatkan Panitia HUT KEMRI Ke -79
  • Pendistribusian Alat Pertanian Kepada Kelompok Tani Di Nias Utara
  • Pelaksanaan Acara Dies Natalis Satu Tahun Forum Mahasiswa Nias Utara
  • Edi Widodo, SKM, M.Kes Diangkat Sebagai PLH Sekda Oleh Pj Bupati Aceh Singkil Drs. Azmi, M.AP
  • Cukup Dua Tetes, Plt. Kadis Kesehatan Imbau Masyarakat Imunisasi Polio Anak 0-7 Tahun
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Hebat…!!! Anggota Komisi A DPRD Nisel, Tantang Tim Terpadu Pemda Nisel Observasi ke Seluruh Desa
    9 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    10 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved