www.hebatriau.com
www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Pawai Takbir Idul Adha, Bupati Inhil: Ibadah Qurban Kegiatan Yang Sarat Hikmah Dan Nilai Historis
Senin, 12/08/2019 - 04:27:26 WIB

Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengungkapkan, pelaksanaan ibadah kurban pada momen Hari Raya Idul Adha merupakan kegiatan yang sarat dengan hikmah dan nilai historis

Hal tersebut diungkapkan Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan saat melepas pawai takbir Hari Raya Idul Adha 1440 Hijiriyah, Sabtu (10/8/2019) yang dipusatkan di Jalan Jenderal Sudirman, Tembilahan.

Menurut Bupati, pelaksanaan ibadah kurban menjadi momentum bagi umat Muslim untuk semakin mendekatkan diri kepada allah SWT.

Lebih lanjut, Bupati menuturkan, pawai takbir yang dilaksanakan pada malam itu, sejatinya tidak hanya bertujuan untuk hari raya Idul Adha, melainkan juga sebagai bentuk ikhtiar setiap umat Muslim dalam melestarikan dan menyemarakkan syiar Islam yang berkaitan dengan ibadah kurban.

"Untuk itu, mari kita jadikan pawai takbir yanv sarat dengan syiar Islam sebagai momentum mengagungkan Asma Allah dan menyambut hari raya, juga untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan serta memperkuat semangat qurban meraih ridho Allah SWT," pungkas Bupati dalam sambutannya.

Selanjutnya, Bupati berpesan kepada para peserta pawai takbir Idul Adha untuk senantiasa memperhatikan kebersihan dan keselamatan di jalan. Kepada masyarakat yang menyaksikan pawai takbir, Bupati mengimbau agar dapat menjaga ketertiban dan keamanan.

"Ikuti pawai takbir malam ini dengan baik dan tertib. Jangan sampai nanti dalam kegiatan ini terdapat hal-hal yang tidak diinginkan," imbau Bupati.

Seusai memberikan sambutan, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan dan segenap unsur Forkopimda Kabupaten Inhil pun melakukan pemukulan bedug menandai pelepasan peserta pawai takbir Idul Adha 1440 Hijiriyah.

Pawai takbir Idul Adha 1440 Hijiriyah yang mengangkat tema 'Ibadah Kurban Mengundang Berkah dan Menebar Kebaikan' ini, diikuti oleh 60 kelompok dengan sedikitnya 6000 peserta.

Para peserta tersebut berasal dari berbagai kelompok pawai yang terbagi ke dalam beberapa kategori, seperti kelompok Instansi, kelompok Masjid, kelompok Ormas serta kelompok SMP dan SMA.

Gemerlap Malam Pawai Takbir


Masyarakat berdesakan, jalanan macet menjadi pemandangan biasa dan rutin terlihat, manakala perayaan pawai takbir menyambut lebaran datang.

Panggung indah bermandikan cahaya yang berdiri kokoh di tengah kerumunan massa, menambah gemerlap perayaan malam pawai takbir menyambut Idul Adha 1440 Hijiriyah kala itu.

Meski dilaksanakan pada malam yang hampir larut, tak membuat semangat masyarakat surut. Meski malam tak membuat gelora padam. Takbir menggema di setiap sudut kota.

Semarak kian terasa, manakala pawai takbir melintas dihadapan warga. Arak-arakan dari peserta pawai takbir mempertontonkan napak tilas Ibrahim - Ismail dan Ibadah Kurban. Tak sekadar ber-arakan, peserta pawai takbir malam itu juga tengah memperebutkan gelar juara.

Pawai takbir yang sudah menjadi tradisi di Kabupaten berjuluk 'Negeri Hamparan Kelapa Dunia' ini terasa sungguh cepat berlalu. Setelah lebih dari satu jam berlalu, perlahan masyarakat tampak mulai berundur. Peserta pawai takbir terakhir pun melintas, pertanda telah memasuki penghujung acara.





 
Berita Lainnya :
  • Miris!! Pekerja Tak Bayar Utang, Pekerjaan Drainase Dijalintas Desa Sei Kandis Diduga Asal Jadi, Ini Kata Warga.
  • BK DPRD Pelalawan Akan Tindaklanjut Dugaan Video Call Sex (VCS) Oknum Dewan SH
  • Bareskrim Polri Tetapkan Ambroncius Nababan Sebagai Tersangka
  • Diduga Dua Kelompok Warga Bentrok Di PT Kopkar, 1 Meninggal dan 2 Luka-luka, TKP Sudah Kondusif Dijaga Polri, TNI
  • Ini Kata Setneg Soal Dugaan Aliran Dana Kasus PT DI
  • Resmi Dilantik Presiden Joko Widodo, Listyo Sigit Prabowo Jabat Kapolri
  • Diduga Terlibat Jaringan Teroris Oknum PNS Di Aceh Sudah 2 Tahun Hendak Ikut ISIS
  • Presiden Jokowi Resmi Melantik Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri
  • Paripurna Komisi I DPRD Bersama Bapemperda Kabupaten Bengkalis Bahas Pemekaran Kecamatan Kelurahan dan Desa
  • Kuasa Hukum Korban Tak Kabulkan Permohonan Maaf Kepala SMKN 2 Padang Menunggu Tanggapan Surat Yang Telah di Kirim Kepada Pemerintah Pusat
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    3 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    4 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    5 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    6 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    9 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
    10 Pemda Nisel Dinilai Gagal Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved