www.hebatriau.com www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Bupati Alfedri : Pengusulan Gelar Tengku Buwang Jadi Pahlawan Nasional, Butuh Dukungan Semua Pihak
Kamis, 25/08/2021 - 15:27:56 WIB

TERKAIT:
   
 

Hebatriau.com | SIAK -- Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Siak menyampaikan progres pengusulan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah yang bergelar Tengku Buwang Asmara sebagai Pahlawan Nasional, kepada Bupati Siak. bertempat di Kediaman Bupati Siak, Kamis (25/8/21) Sore.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Siak yang juga Ketua Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Siak Wan Idris  mengatakan,
tujuannya menemui Bupati Siak menyampaikan progres kerja dari Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Siak.  Terkait dengan progres pengusulan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah Tengku Buang Asmara sebagai Pahlawan Nasional.

"Maksud kedatang kami menjumpai Bupati ini menyampaikan terkait dengan progres kerja dari TP2GD dari awal semenjak terbentuk pada tanggal 10 Maret 2021 sampai saat ini, jadi kita minta arahan dan masukan serta langkah selanjutnya, yang akan kita laksanakan untuk mendukung Tengku Buwang Asmara sebagai Pahlawan Nasional untuk Kementrian Nasional" ujarnya.

Sesuai Peraturan Menteri Sosial terkait TP2GD itu sendiri, sambung Idris, terdiri dari unsur akademis, praktisi ,budayawan, tokoh masyarakat maupun dari unsur OPD yang terdiri dari 13 orang.

Bertugas untuk membantu Pemerintah Kabupaten Siak, memberikan masukan, saran, serta mengusulkan yaitu salah satunya gelar daerah maupun gelar Pahlawan Nasional dari Kabupaten Siak.

TP2GD dibantu oleh sekretariat yang dikoordinir oleh Dinas Sosial sebagai OPD teknis untuk membantu memfasilitasi TP2GD bekerja menuju Tengku Buwang Asmara ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

 "Kita bekerja sesuai dengan tugas masing-masing dan yang penting koordinasi kita harus kuat serta bekerjasama dengan OPD atau lembaga lain itu kuncinya, karena ini terkait dengan sosialisasi pengumpulan- pengumpulan dokumen untuk kelengkapan  persyaratan yang kita usulkan ke Kementerian Sosial sebagai usulan Pahlawan Nasional.  tadi Bupati menyampaikan bentuk dukungan anggaran terkait dengan pelaksanaan seminar baik itu seminar lokal maupun seminar tingkat nasional ini didukung penuh oleh bapak Bupati Siak"tutupnya.

Bupati Siak Alfedri menyampaikan, sudah banyak yang dilakukan sejauh ini untuk pengusulan Pahlawan Nasional, mulai di formatkan dalam anggaran sejak tahun 2019 pada APBD perubahan dilakukan rapat dan pertemuan sehingga diambil langkah-langkah mulai tahun 2020 untuk menyusun buku. Kemudian mencari arsip dan dokumen di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di bantu oleh tim ahli dari UIN Sultan Syarif Hidayattullah Jakarta, membuat sketsa wajah sultan, kemudian juga studi tiru kepada daerah yang baru saja mendapatkan gelar Pahlawan Nasional yaitu di Kabupaten Lingga Provinsi Kepri.

"Tinggal untuk sketsa wajah harus ada pengakuan dari ahli waris dimana ahli warisnya berada di Malaka ini belum bisa kita lakukan karena lockdown. Kemudian juga tambahan dokumen sebetulnya kalau bisa ada upaya ke Belanda untuk melengkapi tetapi untuk yang sekarang ini baik dari ANRI barangkali referensi sejarah lainnya sudah kuat dasar kita untuk mengajukan sultan menjadi pahlawan nasional. tinggal kita harus nanti melakukan seminar tingkat Kabupaten dan juga seminar Nasional"sebutnya.

Tentu kita minta dukungan dari Provinsi juga nantinya, lanjut Alfedri, kemudian usulan Pahlawan Nasional ini harus mulai digaungkan dan bukan hanya dari Pemerintah saja nanti yang mengusulkan tapi juga sejarawan, tokoh-tokoh masyarakat kemudian juga masyarakat secara umum, termasuk ekspos melalui media.

"Sehingga harapan kita nanti saat diajukan kontennya sudah dapat, tinggal nanti melengkapi kekurangan-kekurangan yang harus dilakukan persyaratan menjadi Pahlawan Nasional. Artinya ini kan jarang yang selesai setahun 2 tahun, seperti Kabupaten Lingga itu saja sampai 8 tahun dia berproses, nah kita mulai setahun 2 tahun ini kedepan mudah-mudahan kita diberikan kemudahan dan jalan terbaik sehingga Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah mudah - mudahan menjadi Pahlawan Nasional dan mendapat berkah serta ridho dari Allah SWT" harapnya.(Adv/Media SHI GROUP/Johan)



 
Berita Lainnya :
  • Saat Perbaikan, KMP Permata Lestari I Alami Kebakaran
  • Kejati Riau Enggan Periksa Laporan Karena Hibah? Berikut Penjelasannya
  • Wabup Harapkan LAMR Rohul Segera Lakukan Pendataan Desa Adat dan Pengembangan SDM Pemangku Adat
  • Soal Dugaan Pelanggaran Hukum Barang Sita Eksekusi PT Asuransi Jiwasraya, Berikut Penjelasan Kejagung RI
  • Pelepasan Siswa-siswi SD Negeri TA 2023-2024 Desa Meskom
  • Ketua DPC PERADI RBA Pekanbaru, Dr. Martin Purba Komitmen Dukung Kinerja Kantor KPP Pratama Pekanbaru Senapelan
  • Terang-Terangan! Bisnis Togel Thiam Hin di Bangka Barat Tak Tersentuh Hukum
  • Ketum PMN Respon Pernyataan Wan Abu Bakar Terkait Isu Putra Asli Daerah: Tolong Bapak Jelaskan Makna Pernyataan Bapak Itu!
  • Disdik Bengkalis Keluarkan Surat Edaran Larang Sekolah Lakukan Study Tour
  • Tindakan Tegas Polres dan Pemkab Bengkalis, Billboard Milik Swasta yang Membahayakan Masyarakat Dibongkar
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    9 Hebat…!!! Anggota Komisi A DPRD Nisel, Tantang Tim Terpadu Pemda Nisel Observasi ke Seluruh Desa
    10 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved