www.hebatriau.com www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Kepala Seksi Ideologi, Politik, Keamanan dan Pertahanan Bidang Intelijen Kejati Riau Wakili Kepala Kejati Riau Hadiri Rakor Tim Wasdin
Senin, 29/05/2023 - 18:59:56 WIB

TERKAIT:
   
 

hebatriau.com, Pekanbaru -- Bahwa pada hari Senin Tanggal 29 Mei 2023 sekira pukul 09.00 Wib Bertempat di Hotel Mutiara Merdeka Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Dr. Supardi yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Ideologi, Politik, Keamanan dan Pertahanan Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi Riau Eddy Monang Samosir, S.H., M.H menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Tim Kewaspadaan Dini (Wasdin) Pemerintah Kabupaten / Kota Se- Provinsi Riau Tahun 2023.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Riau yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si, Ditjen Polpum Kemendagri yang dalam hal ini diwakili oleh Sub Koordinator Kerjasama Intelijen Ditjen Polpum Kemendagri RI Timotius , S.STP, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Ideologi, Politik, Keamanan dan Pertahanan Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi Riau Eddy Monang Samosir, S.H., M.H, Kapolda Riau yang dalam hal ini diwakili oleh Kasubdit Ekonomi Dit Intelkam Polda Riau AKBP. STP. Manulang,S.H, Kabinda Riau Brigjen TNI R. Wibisono, Binda Riau diwakili oleh Kabag Ops Binda Riau Khairul Amir, Satgas Bais Wil Riau (Mayor. Kes. Gugun Rahman, Kaban Kesbangpol Kab/Kota Se Provinsi Riau, Ketua FKDM Provinsi Riau Rudi Wijaya serta Timdu Kewaspadaan Dini Provinsi Riau.

Dalam sambutannya, Gubernur Riau yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan amanah dari pelaksanaan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2019 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah. Karena di dalam tugas Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah diperlukan langkah-langkah Detekesi Dini dari Pemerintah Daerah guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif di daerah.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2019 merupakan produk hukum yang terbit karena dilatarbelakangi oleh Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) yang dulunya ada di dalam Pemerintah Daerah dialih fungsikan kepada Koordinator Intelijen yaitu Badan Intelijen Negara dalam hal ini adalah  BINDA Provinsi Riau. Dikarenakan Kominda sudah tidak di Pemerintah Daerah maka Menteri Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri mengamanatkan untuk membentuk Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah yang memiliki fungsi untuk membantu Kepala Daerah dalam hal Kewaspadaan Dini dan Deteksi Dini.

Kemudian, Gubernur Riau yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si juga menyampaikan bahwa Tujuan dari rapat ini adalah menyamakan persepsi tentang pentingnya tugas dan fungsi dari Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota  se Provinsi Riau serta diharapkan peserta rapat dapat memberikan masukan guna optimalisasi tim terkait deteksi dini dan pencegahan dini terhadap permasalahan yang ada di Provinsi Riau.

Tetap mewaspadai setiap gejala potensi kerawanan yang terjadi di masyarakat terutama menjelang pemilu 2024 mendatang.

Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah bekerjasama dengan aparat intelijen di daerah agar merespon secara cepat dan melakukan langkah-langkah deteksi dini sehingga tidak muncul permasalahan di masyarakat. Meningkatkan efektifitas, keterpaduan, dan sinergitas Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah. Meningkatkan kinerja Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah di daerah melalui Rapat Rutin Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah dan Koordinasi dengan Aparat Intelijen di daerah.

Rapat Koordinasi Tim Kewaspadaan Dini (Wasdin) Pemerintah Kabupaten / Kota Se- Provinsi Riau Tahun 2023 berjalan aman, tertib, dan lancar serta menerapkan secara ketat protokol kesehatan (prokes).*jh/bnb.



 
Berita Lainnya :
  • Rikky Fermana Wakil Ketua KI Babel: Peran Penting Keterbukaan Informasi di Bangka Belitung
  • MTQ Ke IX Tahun 2024 Tingkat Desa Senderak Resmi Di Tutup Camat Bengkalis
  • Abel Iqbal Resmi Dilantik, Bupati Kasmarni Berpesan Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas Pelayanan PDAM
  • Galian Parit Jalan Lintas,Disanggah Pemdes Rantau Sakti
  • Gerakan Bulan Penimbang Serentak Sekabupaten Bengkalis Tahun 2024 Desa Senderak
  • Miris! Seorang Guru Yang Dianiaya Oknum Ortu Murid Kini Dituduh Gelapkan Kolekte Persembahan?
  • Pelepasan SMPN 016 Tambusai Utara Tahun Ajaran 2023/2024 Secara Simbolis
  • MTQ Tingkat Desa Senderak Ke IX Tahun 2024 Resmi Di Buka Camat Bengkalis
  • Bupati Bengkalis Terima Dua Penghargaan dari Kemenkeu RI
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    9 Hebat…!!! Anggota Komisi A DPRD Nisel, Tantang Tim Terpadu Pemda Nisel Observasi ke Seluruh Desa
    10 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved