www.hebatriau.com www.hebatriau.com
Follow:
 
 
BPDASHL Indragiri Rokan Lakukan Kunjungan Ke Lokasi Persemaian KBR Di Nagari Tanjung Balik
Kamis, 04/11/2021 - 09:36:51 WIB

TERKAIT:
   
 

Hebatriau.com | PEKANBARU - Tim Sub Direktorat Pengendalian Peredaran Benih, Direktorat Perbenihan Tanaman Hutan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Subdit P2B Dit PTH KLHK) bersama BPDASHL Indragiri Rokan melakukan kunjungan ke lokasi persemaian Kebun Bibit Rakyat (KBR) di Nagari Tanjung Balik, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Rabu (3/11/2021).

Pantauan di lapangan menyaksikan implementasi pengarusutamaan gender dalam program pemerintah yang berbasis pemberdayaan masyarakat, yaitu Kebun Bibit Rakyat atau umum disingkat KBR. Bentuk nyata peran aktif perempuan dalam pelaksanaan program pemerintah dapat tergambarkan dari giat dan geliat Kelompok Wanita Tani (KWT) Cemara.

Kelompok yang beranggotakan 26 orang ibu-ibu rumah tangga paruh baya ini mendapat apresiasi dari Tim Subdit P2B Dit PTH KLHK yang diketuai oleh Nurul Iftitah, S.Hut, M.Si. Dalam pemantauan, didapati pertumbuhan bibit mahoni yang telah disemaikan oleh KWT Cemara dalam kondisi sangat baik, begitu juga dengan jenis-jenis bibit lainnya.

“Saya mengapresiasi kinerja KWT Cemara, persemaian ini rapi dan terpelihara. Saya yakin hal ini terwujud karena adanya sentuhan keibuan dan kasih sayang para perempuan KWT Cemara” ujar Nurul.

Nurul juga mengapresiasi kekompakan dan solidaritas perempuan KWT Cemara. Seragam merah dan hiruk-pikuk canda tawa menggambarkan semangat, keceriaan, kebersamaan dan kekuatan tekad dari wanita-wanita KWT Cemara. Ia mengharapkan agar kelompok ini tetap semangat dalam menekuni usaha persemaian bibit ini kedepannya.

Namun, di tengah keberhasilan pembibitan oleh KWT Cemara, sangat disayangkan masih terdapat masyarakat di luar kelompok yang tidak percaya dengan program pembibitan dan penanaman yang dilakukan pemerintah.

“Dalam program sejauh ini tidak ada kendala, namun sayang masih ada masyarakat di luar anggota kelompok yang belum yakin pada program penanaman yang difasilitasi pemerintah, mereka takut lahan yang telah dikelola akan diambil alih kembali. Kami harap Bu Nurul dan pihak BPDAS dapat mempertegas informasi ini agar tidak semakin simpang-siur” ungkap Rosna, Ketua KWT Cemara.



Wali Nagari Tanjung Balik yang diwakili salah seorang perangkatnya, Hendrizal, menyampaikan pentingnya penjelasan kembali kepada masyarakat mengenai program penanaman yang dapat memberi manfaat bagi pembangunan Nagari Tanjung Balik. Menurutnya, penegasan ini dibutuhkan agar masyarakat tidak takut dengan isu pengambilalihan lahan.

Hendrizal juga mempertimbangkan mengenai lahan-lahan eksternal seperti Tanah Kas Nagari dan fasilitas umum di luar lokasi yang telah dipetakan agar dapat ditanami bibit KBR menimbang manfaatnya yang baik bagi masyarakat.

“Isu pengambilalihan lahan itu adalah hoaks, lahan masyarakat yang telah bersertifikat tentu menjadi hak penuh bagi masyarakat untuk mengelola dan memanfaatkannya. Sedangkan lahan dalam kawasan hutan yang telah dikelola masyarakat, agar dapat dimanfaatkan dengan bijak, terutama hutan lindung sebagai pengatur sistem tata air dan penyangga kehidupan yang sangat vital” ucap Desmantoro, tim BPDASHL, menegaskan.

“Pemerintah juga telah menyiapkan skema perhutanan sosial seperti HKm, Hutan Nagari, dan Hutan Adat untuk mendorong agar masyarakat mendapat legalitas dalam mengelola hutan tersebut” imbuhnya.

Terkait penanaman bibit KBR, Desmantoro berharap agar distribusi dan penanaman diprioritaskan untuk lahan-lahan yang telah dipetakan atau termasuk dalam Rancangan Penanaman Bibit KBR.

“Nanti, apabila target luasan tanam pada Peta RPB KBR telah terpenuhi, silahkan kelompok mengakomodir permintaan dari masyarakat di luar kelompok. Jangan lupa didata koordinat lokasi, diambil fotonya, dan didata betul berapa jumlah bibit dan jenisnya. Apabila bibit KBR tidak memenuhi, maka masyarakat dan Pemerintah Nagari juga dapat mengajukan permohonan bibit secara langsung kepada BPDASHL Indragiri Rokan, insya Allah akan kita fasilitasi” jelas Desmantoro.

Mengenai pendampingan dalam program ini, Idrus selaku pendamping KBR KWT Cemara menyampaikan bahwa dalam mengelola KBR ini kelompok selalu didukung oleh Pemerintah Nagari Tanjung Balik serta KPHL Lima Puluh Kota. “Saya selaku pendamping KBR yang ditunjuk menyampaikan terimakasih atas dukungan pemerintah nagari dan pihak KPHL Lima Puluh Kota. Dengan adanya dukungan ini, ibu-ibu KWT Cemara kian bersemangat. Terimakasih yang sebesar-besarnya juga kami sampaikan secara khusus kepada BPDASHL Inrok selaku fasilitator program KBR” ucap Idrus.

Desmantoro menilai bahwa dalam program ini, kelompok harus membuktikan kinerja terbaik untuk reward dan keberlanjutan kemitraan kedepannya. Capaian kinerja kelompok saat ini akan menentukan keberlanjutan kerjasama dengan pemerintah di tahun mendatang.
 (Adv/SHI GROUP)

Editor: Rati



 
Berita Lainnya :
  • Rikky Fermana Wakil Ketua KI Babel: Peran Penting Keterbukaan Informasi di Bangka Belitung
  • MTQ Ke IX Tahun 2024 Tingkat Desa Senderak Resmi Di Tutup Camat Bengkalis
  • Abel Iqbal Resmi Dilantik, Bupati Kasmarni Berpesan Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas Pelayanan PDAM
  • Galian Parit Jalan Lintas,Disanggah Pemdes Rantau Sakti
  • Gerakan Bulan Penimbang Serentak Sekabupaten Bengkalis Tahun 2024 Desa Senderak
  • Miris! Seorang Guru Yang Dianiaya Oknum Ortu Murid Kini Dituduh Gelapkan Kolekte Persembahan?
  • Pelepasan SMPN 016 Tambusai Utara Tahun Ajaran 2023/2024 Secara Simbolis
  • MTQ Tingkat Desa Senderak Ke IX Tahun 2024 Resmi Di Buka Camat Bengkalis
  • Bupati Bengkalis Terima Dua Penghargaan dari Kemenkeu RI
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    9 Hebat…!!! Anggota Komisi A DPRD Nisel, Tantang Tim Terpadu Pemda Nisel Observasi ke Seluruh Desa
    10 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved