www.hebatriau.com
www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Biji Timah Mengandung Terak, Diduga kebijakan Jajaran Direksi Merugikan Negara
Kamis, 13/02/2020 - 06:00:12 WIB

PANGKALPINANG - Niat memberantas para pelaku korupsi di Bumi Serumpun Sebalai (Provinsi Kepulauan Bangka Belitung) saat ini telah ditunjukan oleh Ranu Miharja SH MH meski belumlah genap dua bulan menjabat sebagai pimpinan tertinggi di institusi kejaksaan.

Hal tersebut dibuktikan yakni belum lama ini pihak Kejaksaan Tinggi Provinsi Bangka Belitung (Kejati Babel) melalui tim Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Babel dikabarkan sempat memeriksa sejumlah pejabat di intansi BUMN yakni PT Timah Tbk.

Sebagaima informasi dihimpun di lapangan serta narasumber lainnya disebutkan jika tim Pidsus Kejati Babel, Selasa (4/2/2020) lalu sempat memeriksa sedikitnya tiga pejabat PT Timah Tbk terkait kasus dugaan pembelian biji mineral yang mengandung Trak atau Sisa Pengelolaan Produk (SHP) kadar rendah pada tahun 2019, namun diduga telah terjadi penyimpangan.

Sejumlah mineral yang dibeli tersebut (Trak) diketahui atau diperkirakan mencapai angka ratusan ton, dan saat ini masih tersimpan di gudang penyimpanan PT Timah Tbk dibeberapa tempat. Dan nyatanya  justru tidak dapat dilebur menjadi balok timah.

Patut diduga kebijakan para direksi perusahaan plat merah itu berpotensi menimbulkan kerugian negara yang cukup besar jika ditafsir dalam rupiah alias milyaran.

Kepada Jurnalis Babel, Kasipenkum Kejati Babel Roy Arlan seizin Kajati Kepulauan Bangka Belitung Ranu Miharja membenarkan bahwa ada sejumlah Pejabat PT Timah Tbk yang dipanggil oleh pihak Pidsus Kejati Babel untuk diminta keterangan terkait kebijakan pembelian SHP Timah kadar rendah atau mengandung Terak.

Ketika, ditanya apakah ada pemanggilan selanjutnya untuk para pejabat PT Timah lainnya ; " Ada" Jawab Roy singkat melalui pesan WA (WhatsApp-red), Rabu (12/02/2020).

Selain itu, diketahui pihak internal PT Timah Tbk juga melalui bagian Sistem Pengawasan Internal (SPI) sudah melakukan pemeriksaan beberapa karyawannya antara lain ; divisi penerimaan barang, hasil laboratorium bahkan divisi pengamanan juga diperiksa oleh SPI PT Timah Tbk

Untuk menyakinkan kebenaran informasi tersebut, Jurnalis Babel  pada hari Senin (10/02/2020)  sempat mendatangi bagian SPI PT Timah namun sayangnya pejabat yang berwenang untuk keterangan tidak dapat ditemui dikarenakan Kepala SPI PT Timah saat tidak berada ditempat.

Dan Jurnalis Babel sempat diarahkan untuk menghubungi bagian Humas PT Timah Tbk, lagi-lagi pejabat yang berwenang di Humas di PT Timah Tbk sedang tidak berada ditempat.

Sementara itu, Kepala Humas PT Timah Anggi Siahaan saat dihubungi melalui Handphone dan pesan elektronik dari Jurnalis Babel belum menjawab terkait pemeriksaan sejumlah Pejabat PT Timah oleh SPI maupun Pidsus Kejati Babel.

Kini publik menanti hasil dari perkembangan kasus dan Kajati Babel Ranu Miharja ditunggu gebraknya dalam mengungkapkan skandal kebijakan pembelian SHP Timah kadar atau Terak yang diduga merugikan negara ratusan milyar. Semoga saja ini menjadi prestasi Kajati Babel yang sudah berpengalaman mengungkapkan dan memeriksa sejumlah Pejabat negara sewaktu masih menjabat sebagai Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Pewarta : Rikky Fermana, S.IP



 
Berita Lainnya :
  • Di Desa Suka Maju, Bupati H.Sukiman Akui Sebanyak 2.498 Sertifikat TORA Sudah Dibagikan Kepada Warga Rohul
  • Masyarakat Kuansing Bisa Cetak ADMINDUK Sendiri, Berikut Caranya
  • Andi Putra : Alhamdulillah Ini Kepercayaan Luar Biasa
  • Sebanyak 5 Kabupaten Di Riau Masih Merawat Pasien Covid-19
  • CPNS Tahun 2020 Tidak Ada Penerimaan
  • Bangun Jembatan Sungai Sei Siasam Rokan IV Koto dan Ruas Jalintas, DPRD Rohul Terimakasih Kepada Gubernur Riau
  • Bupati dan Wabub Indaragiri Hilir H.Mhd Wardan dan H.Syamsuddin Uti Sambut Ketua Umum Indonesia IJB-Net DR.Ir.Suyoto Rais M.Eg
  • Di Paripurna DPRD, Bupati Rohul Sampaikan Pertanggungjawaban Rincian Realisasi APBD Tahun 2019.
  • Waka DPD Ormas LAKI Riau KPU Kabupaten/Kota Se Riau Agar Tidak Melayani Kandidat Calon Bupati Yang Tersandung Kasus Hukum
  • Kasus Covid-19 Di Provinsi Riau Bertambah Total Menjadi 239 Positif
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    5 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    6 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    9 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
    10 Pemda Nisel Dinilai Gagal Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved