www.hebatriau.com
www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Fahrin Waruwu
Direktorat PAUD Kemendikbud RI Bimtek Secara Virtual, Pemkab Rohul Komit Kembangkan PAUD HI
Kamis, 12/11/2020 - 14:58:47 WIB

ROKAN HULU – Untuk meningkatkan dan mendorong Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI ) agar selalu meningkatkan kompetensi melalui Bimbingan Teknis peningkatan kapasitas penyelenggaraan PAUD HI di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Pjs Ketua TP PKK Rohul diwakili Wakil Ketua 1 TP PKK Rohul Hj Netti Hewarawai S.Kep mengikuti Rakor Penguatan peran Lembaga atau Pemangku kepentingan PAUD tingkat Kabupaten/Kota secara Virtual, Kamis (5/11/2020), di Pendopo Rumdis Pjs Bupati Rohu, Pasir Pengaraian.

Rapat koordinasi lanjutan mengenai penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) yang dilaksanakan secara virtual ini diikuti Direktorat PAUD Kemendikbud RI, Perwakilan Kementerian PDTT, Bunda PAUD Provinsi Riau, 72 peserta dari 12 Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau, dengan narasumber dari pusat, Rudiyanto.

Dalam pemaparan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui direktorat Paud menyarankan setiap Kabupaten/Kota untuk membuat strategi kebijakan sehingga OPD memiliki landasan berpijak untuk manuver kebijakan agar kebijakan itu bisa tersimpul disatuan pendidikan.

Yang bisa didorong dengan Perbup terkait dengan layanan Holistik Integratif dan wajib Paud 1 tahun Pra SD. Jika peraturan ini sudah ada maka SKPD akan mengalokasikan sumberdaya untuk mendukung program Paud Holistik Integratif. Karena, tidak membutuhkan biaya yang besar.

Tetapi hanya membutuhkan usaha untuk menyimpul dan mengkonversi ini sehingga berakhir di satuan pendidikan.

Penyelenggaraan PAUD HI ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang PAUD HI, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak.

Tujuan PAUD HI secara umum adalah terselenggaranya layanan PAUD HI menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia. Sedangkan secara khusus, tujuannya ialah terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini, terlindunginya anak dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, perlakuan yang salah, dan eksploitasi di manapun anak berada.

Terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi dan selaras antar lembaga layanan terkait, sesuai kondisi wilayah serta terwujudnya komitmen seluruh unsur terkait, yaitu orangtua, keluarga, masyarakat, pemerintah, dan pemerintah daerah.

Usai mengikuti Rapar Virtual, Wakil Ketua 1 TP PKK Rohul Hj Netty Herawati S.Kep kepada Media Center Diskominfo Rohul mengucapkan terima kasih atas pemaparan dari narasumber dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui direktorat PAUD. Dirinya berharap melalui kegiatan ini, PAUD Kabupaten Rohul banyak dapat pengetahuan dan gambaran dalam mengembangkan PAUD HI di Rohul.

“PAUD HI di Rohul secara kelembagaan dan Gugus Tugas PAUD HI telah terbentuk, yang terintegrasi dari berbagai sektor, tidak hanya dari Dinas Pendidikan, tetapi beberapa OPD terkait, seperti Bappeda (Perencanaan Anggaran), Dinsos P3A (Perlindungan Anak), Dinas Kesehatan (Untuk Pemenuhan Gizi anak) dan Dinas DPMPD (Untuk Anggaran di Desa) dan instansi lainnya,” kata Hj Netty

“Setelah ini kami akan mengadakan pertemuan dengan OPD terkait. Setelah menyimak, kami lihat tugas Bunda PAUD semakin kompleks. Tapi dengan adanya Pokja Bunda PAUD, kami ucapkan terimakasih, karena dengan adanya kebersamaan mudah-mudahan kami melakukan pekerjaan secara maksimal," kata Hj Netty yang juga Ketua DWP Rohul

Ditempat terpisah, Kabid PAUD Supangat M.Pd kepada Media Center Diskominfo Rohul mengatakan Gugus Tugas PAUD Holistik Integratif di Rohul sudah terbentuk sejak tahun 2019. Bahkan lebih dulu terbentuk dari Provinsi Riau.

“Gugus Tugas PAUD HI di Rohul sudah terbentuk, sementara Provinsi belum, jadi kita kedepannya tinggal mengkoordinasikan dan mengembangkan PAUD HI ke seluruh lembaga pendidikan di Rohul,” kata Supangat

Diakui Supangat, bahkan Kabupaten Rokan Hulu satu-satunya dapat bantuan 100 Lembaga PAUD Rohul mendapat Bimtek tentang PAUD HI oleh Kemendikbud.

“Se Provinsi Riau hanya Kabupaten Rohul yang mendapat bantuan 100 Lembaga PAUD Rohul yang dapat Bimtek dari Kemendikbud, jadi lembaga yang sudah melakukan Bimtek ini kemudian melakukan sosialisasi dengan Stakeholder lembaga pendidikan PAUD yang ada didaerahnya,” jelas Supangat.

“Kenapa Rohul dapat bantuan ini, karena Rohul satu-satunnya yang terbanyak guru PAUD, karena PAUD Rohul juga telah melaksanakan PAUD Holistik  Integratif ini, di Riau hanya Rohul satu-satunya mendapat bantuan Bimtek ini,” tambahnya

Dijelaskan Supangat, PAUD HI ini adalah penanganan anak usia dini secara menyeluruh yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan.

Serta perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat. (rMC/ Diskominfo Rohul)



 
Berita Lainnya :
  • Tersangka Botak Ditangkap Polisi Setelah Melakukan Aksi pencurian
  • Dipimpin Kapolsek Tandun kembali Bagi-bagikan Masker kepada Masyarakat..
  • SEMBILAN BULAN TERPURUK, IMO-Indonesia Siap Gaungkan Wisata Nusantara
  • Konsolidasi, Partai Hanura Siap Menangkan Pasangan Nomor Urut 2 Skawan Di Pilkada Rohul
  • Polres Rohul Sudah Bagikan 12 Ribu Masker Gratis, Memutus Penularan Covid-19
  • Pelaku Curat pencurian Sepeda Motor ditangkap Sat Reskrim Polsek Logas tanah darat
  • Sosialisasi Bersih dari Narkoba dan Test Urine Di Itjen Kemenkumham
  • Rokok Ilegal Luffman Beredar Di Bengkalis. LSM Tamperak Minta Penegak Hukum Tindak Tegas.
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    3 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    4 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    5 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    6 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    9 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
    10 Pemda Nisel Dinilai Gagal Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved