www.hebatriau.com
www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Buka FKP Rancangan Awal RKPD 2023, Wabup Rohul : Melalui CSR Perusahaan Bisa Ikut Membangun Infrastruktur Desa.
Kamis, 10/03/2022 - 17:14:01 WIB

Hebatriau.com-Rokan Hulu - Untuk menghimpun masukan atau harapan para pemangku kepentingan terhadap rumusan prioritas dan arah kebijakan Program Pembangunan Daerah agar lebih tepat sasaran. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023.

FKP Rancangan Awal RKPD 2023 ini secara resmi dibuka Bupati Rohul H. Sukiman diwakili Wabup Rohul H. Indra Gunawan. Diaula Bappeda Rohul, Rabu (9/3/2022). Turut juga dihadiri para Asisten, Kepala Bappeda Rohul Drs Yusmar M.Si, Kepala OPD, Akademisi/unsur perguruan tinggi, Rektor UPP serta pimpinan lembaga keuangan/perbankan, para Camat, Lembaga Swadaya Masyarakat dan forum anak Rohul.

Sesuai dengan Tema Pembangunan Kabupaten Rokan Hulu “Meningkatkan Perekonomian Berbasis Potensi Daerah, Infrastruktur yang berimbang serta Pendidikan dan Kesehatan yang berkualitas melalui Pelayanan publik yang Prima”.

Dijelaskan Wabup, Tahun 2023 merupakan tahun kedua dari Implementasi RPJMD Kabupaten Rokan Hulu tahun 2021-2026. Dimana pada tahap ini, Program kegiatan yang akan disusun nanti merupakan penyempurnaan terhadap Program kegiatan perangkat daerah yang belum terlaksana pada periodesasi RPJMD 2016-2021.

“Penyusunan RKPD tahun 2023 ini kita harapkan mengacu visi misi Bupati Rohul 2021-2026, seperti disektor peningkatan kualitas SDM, Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur menyesuaikan kemampuan keuangan daerah. Karena masih Covid-19, anggarannya juga dianggarkan untuk penanganan pandemi,” kata Wabup

Lanjut Wabup, dalam penyusunan RKPD Tahun 2023, 5 Program Prioritas Pembangunan. Pertama, peningkatan kualitas SDM melalui pemenuhan dan peningkatan akses dan mutu Pendidikan dan Kesehatan. Kedua, pengembangan sektor-sektor strategis ekonomi lokal menopang perekenomian daerah untuk dapat bersaing dan menurunkan angka kemiskinan

Ketiga, Pemenuhan infrastruktur dasar pedesaan dan peningkatan kualitas Infrastruktur perkotaan sesuai tata ruang dan lingkungan hidup. Keempat, Peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang harmonis, aman dan tenteram berlandaskan adat dan budaya serta agama yang berbeda

Serta Kelima, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola Pemerintahan yang baik serta menjamin kehidupan Politik dan Penegakan Hukum.

“Kita berharap Program prioritas yang akan kita jalankan kedepan nantinya harus lebih terasa manfaat bagi masyarakat. Saya tekankan bahwa Program dan kegiatan yang dilaksanakan nantinya harus berorientasi pada Prioritas untuk mencapai tujuan pembangunan daerah,” harap Wabup

Terkait Dana CSR untuk menpang Pembangunan, Wabup mengaku saat Tim TJSP Rohul masih dalam penyusunan dan menjajaki bekerjasama dan bersinergi dengan Perusahaan. Jika APBD belum bisa menjangkau pembangunan di Desa, melalui CSR Perusahaan bisa ikut membangun infrastruktur Desa.

“Kita berharap melalui melalui Musrenbangdes, Desa-Desa yang berbatasan dengan perkebunan dan pabrik di Desa setempat, apa yang direncanakan desa tidak tercover melalui APBD oleh Pemkab, bisa menggunakan CSR Perusahaan,” ujarnya

Oleh karena itu melalui FKP ini, Wabup berharap forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2023 ini dapat menghasilkan program kegiatan yang aspiratif, responsif sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, Kepala Bappeda Rohul Drs Yusmar M.Si mengatakan FKP dalam rangka penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2023 ini merupakan salah satu proses perencanaan pembangunan daerah. Sesuai yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

”Jadi ada beberapa hal yang harus dilaksanakan dalam menyusun RKPD tahun 2023, melalui FKP, setelah ini ada lagi Forum RKPD yang melibatkan OPD-OPD. Sebelumnya ada Musrenbang Desa, Kecamatan setelah itu ada Musrenbang Kabupaten,” ujarnya

Kemudian, yang dipadukan dengan usulan hasil Musrenbang, penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD Rohul berdasarkan hasil reses, sehingga dokumen RKPD tersebut merupakan kumpulan dari kebutuhan masyarakat Rohul secara keseluruhan .

“Inilah jalan-jalan yang harus kita laksanakan dalam menyusun RKPJ Tahunan, ini salah satu rangkaian, tujuannya untuk menghimpun aspirasi dari beberapa elemen dan komponen masyarakat baik dari perguruan tinggi, LSM, dan Organisasi kemasyarakatan lainnya,” tambahnya

Lanjut Yusmar, Program prioritas pembangunan sudah ditetapkan baik Pembangunan jangka tahunan bahkan Lima Tahunan sudah ditetapkan. Untuk mencapai prioritas itu maka perlu aspirasi dari seluruh elemen dan komponen salahsatunya melalui FKP ini.

“FKP Rancangan Awal RKPD ini salah satu tahapan dalam rangka penyusunan APBD 2023. Bahwa rangakaian ini untuk mendapat aspirasi dan masukan dari semua pihak dalam rangka pembangunan Rohul, serta persyaratan yang harus dipenuhi dalam penyusunan APBD setiap tahunnya. Dengan disadari apa yang dilaksanakan meski semuanya tidak bisa diakomodir dalam pembangunan, tetapi bagaiamana pun menyangkut aspirasi melalui FKP ini bisa yang sifatnya skala prioritas,” pungkasnya. (MC/Kominfo)



 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Bengkalis Laksanakan Halal Bihalal Di Lapangan Tugu Bengkalis
  • Kapolri Minta Kapolda Metro Jaya Sikat Tuntas Dugaan Rekayasa Kasus Di Polsek Pancoran 
  • Jalan Lintas Provinsi Daerah Peranap-Kelayang Rusak Parah, BEM STIE Angkat Bicara, Soroti Kinerja Ketua DPRD Provinsi
  • Identitas Lengkap 7 Korban Tewas Dalam Insiden Kecelakaan Maut Elf Di Karawang
  • Tim Molduk Pemkab Bengkalis Laksanakan Layanan Jebol Master
  • Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022, Bupati Tandatangani Deklarasikan Anti Narkoba
  • Oknum Polsek Pancoran Jadikan Kasus Penipuan Sebagai Sapi Perah Atau ATM Pribadi
  • GAMKRI, Kejaksaan Agung Lambat Tentukan Tersangka Dugaan Korupsi Impor Besi Dan Baja
  • Togel Marak Di Desa Libo Jaya
  • Presiden Jokowi Dorong Kerja Sama Untuk Atasi Pandemi Dan Perkuat Arsitektur Kesehatan Dunia
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    2 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    9 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    10 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved