www.hebatriau.com www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Dengan PPSKS Ini, Wabup Indra Gunawan Berharap Dapat Terbina dan Mendapatkan Produktivitas Hasil nya
Rabu, 09/03/2022 - 19:16:47 WIB
TERKAIT:
   
 

hebatriau com-Rokan Hulu – Kabupaten Rokan hulu sebagian besar luas tanahnya adalah wilayah perkebunan kelapa sawit, dari total 722,978 hektar, yang didominasi oleh sektor perkebunan kelapa sawit seluas 520,026 hektar, maka komoditas kelapa sawit menjadi primadona di Kabupaten yang berjuluk "Negeri Seribu Suluk" ini.

Wakil Bupati Rokan hulu (Rohul) H. Indra Gunawan saat menghadiri Pertemuan Akbar Perkumpulan Pekebun Swadaya Kelapa Sawit Rokan Hulu, Di Lapangan I, Desa Rambah Muda, Kecamatan Rambah Hilir, Rohul-Riau, Selasa (8/3/2022) sore.


Wakil Bupati Rohul Berharap Dengan adanya petani yang tergabung dalam Perkumpulan Pekebun Swadaya Kelapa Sawit (PPSKS) Rokan hulu, diharapkan dapat terbina dan mendapatkan produktivitas hasil perkebunan yang sangat memadai, Dengan harapan pencapaian tersebut menjadi kebanggaan bagi Pemkab Rohul, karena bisa berdampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Dalam pertemuan Akbar PPSKS tersebut tampak juga dihadiri Kadisnakbun Rohul CH Agung Nugroho STP, Pimpinan PT. Indomakmur Sawit Berjaya (PT ISB), Perwakilan BPN Rohul, Manager PPSKS Rokan Hulu, Camat Rambah Hilir Agussalim S.Sos dan Kepala Desa se Rambah Hilir.

Dijelaskan oleh Wakil Bupati Rokan Hulu Sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 38 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Perkebunan Sawit Berkelanjutan Indonesia. Sistem Sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) merupakan prasyarat wajib yang ditetapkan pemerintah perkebunan sawit guna memperbaiki tata kelola sawit yang berkelanjutan.

"Pemerintah Kabupaten Rokan hulu terus berupaya mendorong dan memfasilitasi agar amanat Permentan tersebut dapat terlaksana. Meski keterbatasan anggaran dan SDM di Kabupaten Rokan Hulu, melalui Disnakbun Rohul menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang memiliki perhatian terhadap upaya mewujudkan terlaksananya tata kelola sawit berkelanjutan".jelas Wakil Bupati.

“Saya selaku Pimpinan Daerah mengucapkan Terima Kasih kepada PPSKS beserta PT. ISB yang telah bekerja sama sehingga mendapatkan Sertifikasi ISPO dan RSPO. Ini menjadi salah satu kebanggaan bagi Rokan Hulu karena pencapaian ini. Diharapkan agar petani yang tergabung dalam PPKSS dapat terbina dan mendapatkan produktivitas yang terbaik,” harapnya

Masih Indra Gunawan mengatakan Pemkab Rohul siap mendukung dan berkolaborasi dengan pihak manapun yang bersedia membantu untuk mewujudkan program Pemerintah terutama pihak PPSKS yang anggotanya tersebar di 10 desa dan 4 kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu.

"Diminta kepada petani terus mencari peluang dan bantuan dari Program Pemerintah. Diantaranya program pemerintah pusat yang dikelola oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dibawah kementerian Keuangan Republik Indonesia yaitu pelaksanaan Program Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat (PPKSR) atau yang dikenal dengan Program PSR,” ujarnya

“Jadi petani yang saat ini kebunnya tidak produktif lagi, sudah berumur lebih dari 20 tahun atau produksinya kurang dari 10 Ton Per Ha/Tahun maka dapat ikut serta pada program tersebut. Bantuan berupa dana Hibah sebesar 30 Juta Per Ha,” terang Wabup

Untuk diketahui, dari 2.000 Hektar target di kabupaten Rokan Hulu setiap tahunnya sampai saat ini baru tercapai ± 200 Ha. Selain dari program PSR, untuk petani yang memiliki kebun sawit berumur 4 sampai 20 Tahun juga dapat mengajukan Bantuan Sarana Prasarana seperti Pupuk, Pestisida, Bibit, Jalan Produksi Jembatan, alat Panen dan alat berat, Pasar Pemasaran Hasil, Pabrik Kelapa sawit, serta sertifikasi kelapa sawit.

“Alhamdulilah pada tahun 2021 Pemerintah Daerah sudah merekomendasikan Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Rambah Muda yang termasuk dalam kelompok binaan PPSKS untuk mendapatkan kegiatan Pembuatan Jalan Kebun sepanjang 4 KM. Prosesnya saat ini sudah sampai di Kementerian Pertanian. Mudah-mudahan usulan tersebut Tahun ini agar terealisasi,” harap Wabup (Adv/Diskominforohul)



 
Berita Lainnya :
  • Pelepasan Siswa-siswi SD Negeri TA 2023-2024 Desa Meskom
  • Ketua DPC PERADI RBA Pekanbaru, Dr. Martin Purba Komitmen Dukung Kinerja Kantor KPP Pratama Pekanbaru Senapelan
  • Terang-Terangan! Bisnis Togel Thiam Hin di Bangka Barat Tak Tersentuh Hukum
  • Ketum PMN Respon Pernyataan Wan Abu Bakar Terkait Isu Putra Asli Daerah: Tolong Bapak Jelaskan Makna Pernyataan Bapak Itu!
  • Disdik Bengkalis Keluarkan Surat Edaran Larang Sekolah Lakukan Study Tour
  • Tindakan Tegas Polres dan Pemkab Bengkalis, Billboard Milik Swasta yang Membahayakan Masyarakat Dibongkar
  • Antosias Pemdes Meskom Bersama Masyarakat Laksana kan Gotong Royong
  • Wakili Bupati, Kadis PUPR Bengkalis Dampingi Investor Dari China Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Jembatan Bengkalis-Pakning
  • Delapan Puluh PPK Se Rokan Hulu resmi Dilantik, siap sukseskan pilkada 2024
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    9 Hebat…!!! Anggota Komisi A DPRD Nisel, Tantang Tim Terpadu Pemda Nisel Observasi ke Seluruh Desa
    10 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved