www.hebatriau.com
www.hebatriau.com
Follow:
 
 
RHL Di Rokan IV Koto Terbukti Serap Tenaga Kerja Masyarakat Di Masa Pandemi
Senin, 04/10/2021 - 12:10:38 WIB

PEKANBARU, hebatriau.com -- Rehabilitasi Lahan dan Hutan (RLH) adalah upaya untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan sehingga daya dukung, produktivitas dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga.

RLH ini merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang secara massal sudah dimulai dari  Tahun 2019 lalu hingga Tahun 2021 ini.


Dalam perencanaan dan pelaksanaan RLH tersebut melibatkan berbagai pihak, dari pemerintah, baik pusat dan daerah, juga pihak korporasi dan tentunya masyarakat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 tahun 2020 tentang Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan. Disebutkan dalam pasal 10 PP tersebut, Rehabilitasi Hutan dilaksanakan oleh:
a. Menteri untuk Kawasan Hutan yang meliputi Hutan konservasi, Hutan lindung dan Hutan produksi yang tidak dibebani hak pengelolaan atau izin pemanfaatan; serta poin-poin lainnnya dalam PP tersebut.

Contoh nyata Program RLH seperti yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, yang berada  di Kecamatan Rokan IV Koto, 4 Desa, Desa Cimpang Kiri Hilir, Desa Rokan Koto Ruang, Kelurahan Rokan dan Desa Cimpang Kanan, serta Desa Pendalian, Kecamatan Pendalian. Luas  total areal mencapai 4.808 hektar dengan biaya dana APBN  keseluruhan selama 3 tahun senilai Rp39.357.238.800,- saat ini program tersebut sudah memasuki tahap pemeliharan tahun kedua dan menurut hasil pengamatan sudah berjalan dengan baik serta melibatkan peran aktif masyarakat setempat maupun sekitar.

Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan (BPDASHL-INR), Direktorat Jendral (Dirjen),Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI) Desmantoro menyampaikan klarifikasi kepada wartawan, Kamis (23/9/2020). Sebelumnya klarifikasi secara tertulis telah disampaikan melalui surat Nomor:  S.677/BPDASHL - INR/RLH/9/2021, yang menjawab  perihal konfirmasi dan klarifikasi  Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Aliansi Indonesia, (DPD-LAI) Divisi Komando Garuda Sakti (KGS) Provinsi Riau.

Dalam surat tersebut disampaikan dan diuraikan hal-hal terkait Pelaksanaan Program Rehabilitasi Lahan dan Hutan (RLH) di wilayah Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dana APBN Tahun 2019-2021 total senilai Rp. 39.357.238.800.

"Target luas penanaman awalnya 4.808 hektar yang tersebar di Kelurahan Rokan, Desa Rokan Koto Ruang, Desa Cipang Kiri Hilir, dan Desa Cipang Kanan" Kata Desmantoro kepada wartawan ini sebelumnya (Kamis 16/9/2021).