www.hebatriau.com
www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Duo Pembobol ATM Bank Membobol Belasan ATM Di Jakarta
Senin, 11/01/2021 - 10:47:01 WIB

HebatRiau.com, JAKARTA - Duo pembobol ATM bank, Andy Chandra (27) dan Dicky Lunvensia (33), dihukum 4 tahun penjara. Keduanya terbukti membobol belasan ATM bank menggunakan ratusan kartu ATM asli tapi palsu (aspal) di berbagai kartu anjungan tunai mandiri (ATM) di Jakarta.

Hal itu tertuang dalam putusan Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta, Senin (11/1/2021). Awalnya, Andy menjenguk saudaranya yang sedang ditahan di Polres Jakbar, Anton. Dari pertemuan itu, Andi kenal dengan Sandi yang sedang ditahan.

Setelah pertemuan itu, Andy dan temannya, Dicky ditawari pekerjaan oleh Sandi, yaitu menarik uang dari ATM. Keduanya menyanggupi.

Pada 22 Maret 2020, Sandi mengirim paket secara online ke Andy. Isinya empat buah HP, 31 kartu ATM penampung, ratusan kartu ATM polos/warna putih, dan ratusan kartu perdana HP. Di bawah panduan Sandi yang masih ditahan di Polres, Andy dan Dicky mengotak-atik kartu-kartu itu untuk bisa membobol ATM.

Kabur ke 3 Kota, Pembobol 5 ATM Ini Akhirnya Tertangkap Setelah dilakukan serangkaian perbuatan, kartu ATM nasabah sudah terkloning ke ATM Andy dan Dicky. Tanpa disadari nasabah, kartu ATM nasabah sudah terduplikasi ke tangan penjahat.

Pada 2 April 2020, Andy dan Dicky mencoba menarik uang di ATM sebuah minimarket di daerah Slipi. Percobaan berhasil dengan membobol tabungan nasabah senilai Rp 2.500.000

Perbuatan itu diulangi berkali-kali. Andy dan Dicky mengambil uang di ATM yang berada di minimarket. Untuk menyaru, keduanya memakai jumper, masker, dan topi. Uang diambil total mencapai ratusan juta rupiah.

Sebelum membobol kartu, keduanya mengecek dulu saldo milik nasabah. Setelah dipastikan saldonya menggiurkan, keduanya mengambil uang nasabah sesuai limit harian. Hasil pembobolan itu dibagi rata dengan Sandi dan Anton.

Di sisi lain, pihak keamanan bank yang bertugas memantau jalannya transaksi nasabah melacak penarikan janggal dan mencurigakan. Secepat kilat, pihak bank langsung berkoordinasi dengan kepolisian dan menangkap Andy dan Dicky.

Keduanya kemudian ditangkap dan diproses secara hukum. Dicky dan Andy harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di pengadilan.

Pada 19 Oktober 2020, PN Jakbar menjatuhkan hukuman 2 tahun kepada Andy dan Dicky. Keduanya dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun memindahkan atau mentransfer informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik kepada sistem elektronik orang lain yang tidak berhak dilakukan secara bersama-sama.

Polisi Ungkap Modus 5 Pria Bobol ATM di Kompleks Kostrad Jaksel ,Jaksa yang menuntut 2,5 tahun penjara tidak terima dan mengajukan permohonan banding. Gayung bersambut. Banding dikabulkan.

Menjatuhkan pidana terhadap para Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara masing-masing selama 4 tahun dan denda masing-masing Rp 100 juta, dengan ketentuan apabila denda itu tidak dibayar, maka diganti dengan pidana penjara masing-masing selama selama 4 bulan," ujar ketua majelis Sanwari dengan anggota Edwarman dan Hanifah Hidayat Noor.

Majelis banding menilai hukuman 2 tahun penjara yang dijatuhkan PN Jakbar terlalu ringan. Sebab, kedua pelaku melakukan perbuatannya berulang kali.

Tindak pidana yang dilakukan para terdakwa dalam perkara ini adalah perbuatan pidana yang telah direncanakan yang dilakukan para terdakwa secara sadar dan sudah merupakan mata pencaharian bagi para terdakwa," ucap majelis dengan bulat.(Red)

Sumber:detiknews





 
Berita Lainnya :
  • Hitungan Jam, 3 Pelaku Judi Online Ditangkap Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Kuantan Singingi dilokasi Yang Terpisah
  • Pelaksanaan Pembubaran Panitia Natal Serta Syukuran Tahun Baru Di Gereja AFG Lolozarambua Di Desa Lahemo Kec.Gido
  • Ini Pandangan Majelis Rektor Soal Kasus Self -Plagiarism USU Terpilih
  • Satpol PP Kota Tangsel Ancam Tutup Kafe-Kafe Yang Melanggar Aturan PPKM
  • Presiden Jokowi Menerbitkan Perpres Terkait pencegahan Dan Penanggulangan Extremisme
  • Ketua FKPM Dukung Penuh Penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo Sebagai Calon Kapolri
  • Seorang Pria Warga Koto Ruang, Gantung Diri Ditemukan Dirumah Kebunnya Sudah Meninggal.
  • Penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo Menjadi Kapolri Mendapat Apresiasi dari Tokoh Agama Kab Kuansing
  • 3 SMA di Ramhil Rohul Akan Gelar Belajar Tatap Muka Terbatas, Kapolsek Iptu Budi Ikhasani Monitoring Dengan TGT Covid-19
  • Ninik Mamak Ujungbatu Dukung Komjen Pol Listyo Sigit Jadi Kapolri Baru Diusulkan Presiden Jokowi Dodo.
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    3 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    4 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    5 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    6 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    9 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
    10 Pemda Nisel Dinilai Gagal Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved