www.hebatriau.com www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Rikky Fermana Wakil Ketua KI Babel: Peran Penting Keterbukaan Informasi di Bangka Belitung
Jumat, 14/06/2024 - 18:59:59 WIB

TERKAIT:
   
 

gardametro.com, Pangkalpinang – Dewan Pers menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Bangka Belitung pada 14-15 Juni 2024, bertempat di Hotel Swissbell Bangka Belitung, Pangkalpinang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Uji (LU) dari UPN Veteran Yogyakarta bekerja sama dengan Organisasi Pro Jurnalismedia Siber (PJS) DPD Babel dan difasilitasi oleh Dewan Pers. Salah satu narasumber wawancara terjadwal menghadirkan adalah Rikky Fermana, S.IP., C.Me., dari Komisi Informasi (KI) Bangka Belitung. Jumat (14/6/2024).

Dalam sesi konferensi pers, Rikky Fermana menjelaskan secara rinci mengenai peran dan fungsi KI Babel dalam menjamin keterbukaan informasi publik.

“KI Babel adalah lembaga mandiri yang menjalankan Undang-Undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. KI memiliki tanggung jawab untuk menetapkan petunjuk teknis standar pelayanan publik dan menyelesaikan sengketa informasi publik melalui mediasi atau ajudikasi non-litigasi,” jelas Rikky.

Rikky menegaskan bahwa dasar hukum keberadaan KI Babel dilindungi oleh Pasal 28F UUD 1945, yang menjamin hak setiap warga negara untuk memperoleh informasi.

“Tugas utama KI adalah menerima, memeriksa, dan memutuskan permohonan penyelesaian sengketa informasi publik melalui mediasi berdasarkan UU KIP,” tambahnya.

Dalam periode 2022-2023, KI Babel menerima 16 sengketa informasi. Meskipun jumlah tersebut tidak banyak, Rikky menyebut hal ini mencerminkan rendahnya partisipasi masyarakat Bangka Belitung dalam menggunakan haknya untuk memperoleh informasi publik, terutama terkait penggunaan anggaran publik.

“Jumlah sengketa yang masuk memang tidak banyak, tetapi ini menunjukkan masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak mereka untuk informasi,” ungkap Rikky.

Rikky juga menekankan bahwa keterbukaan informasi harus bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik, namun tetap dalam batasan yang ketat dan terbatas sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“KI Babel berkomitmen untuk menjamin hak akses informasi bagi setiap warga dan menyelesaikan sengketa informasi yang mungkin timbul,” tambahnya.

UKW yang berlangsung selama dua hari ini bertujuan meningkatkan kualitas dan profesionalisme wartawan di Bangka Belitung.

Kompetensi yang baik sangat penting untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan kepada publik adalah akurat, berimbang, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kerjasama antara LU UPN Veteran Yogyakarta, PJS DPD Babel, dan KBO Babel mencerminkan komitmen bersama untuk memajukan kualitas jurnalistik di daerah ini.

Ujian ini juga memberikan kesempatan bagi wartawan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang regulasi keterbukaan informasi publik, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas jurnalisme investigatif di wilayah ini.

Sebagai penutup, Rikky Fermana berharap bahwa melalui kegiatan seperti UKW, wartawan dapat lebih memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip keterbukaan informasi dalam tugas mereka sehari-hari.

“Dengan keterampilan yang diperoleh, wartawan diharapkan dapat menjadi pilar penting dalam menyampaikan informasi yang akurat dan berguna bagi masyarakat,” pungkasnya.

Dengan demikian, UKW di Bangka Belitung ini bukan hanya ajang pengujian kemampuan jurnalistik, tetapi juga momentum penting dalam memperkuat keterbukaan informasi publik yang akan membawa manfaat besar bagi masyarakat luas.*bnb.



 
Berita Lainnya :
  • Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Nias Utara Tahun 2025-2029
  • Serentak Se Indonesia Pemerintah Desa Senderak Ikut Sukses Kan PIN Polio Tahun 2024
  • Pembukaan POPDA lX Kepri, Walikota Batam Ajak Atlet Junjung Sportivitas
  • Polresta Barelang Berikan Imunisasi Gratis Kepada Masyarakat Kel. Baloi Permai Kota Batam
  • Rapat Koordinasi TPPS Batam, Target Penurunan Stunting Sentuh 10,8 Persen
  • Wakil Bupati Nias Utara Ingatkan Panitia HUT KEMRI Ke -79
  • Pendistribusian Alat Pertanian Kepada Kelompok Tani Di Nias Utara
  • Pelaksanaan Acara Dies Natalis Satu Tahun Forum Mahasiswa Nias Utara
  • Edi Widodo, SKM, M.Kes Diangkat Sebagai PLH Sekda Oleh Pj Bupati Aceh Singkil Drs. Azmi, M.AP
  • Cukup Dua Tetes, Plt. Kadis Kesehatan Imbau Masyarakat Imunisasi Polio Anak 0-7 Tahun
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 TNI - Polri Lakukan Penambahan Prajurit Untuk Satgas PPKM Mikro Di Kabupaten Pati
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    5 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    6 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Hebat…!!! Anggota Komisi A DPRD Nisel, Tantang Tim Terpadu Pemda Nisel Observasi ke Seluruh Desa
    9 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    10 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved