www.hebatriau.com
www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Lawan Polantas, Oknum Honor Bawaslu Nisel Meringkuk di Sel Tahanan
Senin, 16/03/2020 - 09:55:17 WIB

NIAS SELATAN -- Seorang oknum pegawai Bawaslu Nias Selatan, Fredikus Famalua Sarumaha (30) resmi ditahan karena di duga melawan Polantas Polres Nias Selatan saat bertugas.

Menurut keterangan pihak Polres Nisel yang dibagikan Kasubbag Humas, Brigpol Dian O. Tobing  lewat WhatsApp, Jumat, (13/3/2020) menuturkan, tersangka diduga keras telah melakukan tindak pidana terhadap petugas atas nama Cenjukia A Lumbantoruan saat melaksanakan tugas secara sah pada  Rabu, (11/03/2020) sekira pukul 16.00 WIB di jalan Saonigeho Km 1 Teluk Dalam, tepatnya  di Simpang jalan Baru.

Kronologis kejadian, ketika beberapa personil lantas yakni Cenjukia dan Fahrudin Limbong serta personil lainnya melakukan kegiatan patroli dan operasi rutin  pada pukul 15.00 Wib di sekitar Kota Teluk Dalam.

Saat mereka berkeliling, mereka menemukan seorang pengendara sepeda motor tidak memakai helm.

Kemudian mereka menghampiri pelanggar tersebut dengan terlebih dahulu melakukan penghormatan serta  bertanya dengan sopan.

Selanjutnya, Cenjukia menanyakan surat kendaraan pengendara namun pelanggar itu tidak menghiraukan kedatangan para petugas itu.

Setelah itu, senior mereka atas nama Agustian Barus datang menghampiri pengendara  dimana saat itu situasi masih berjalan baik.

Namun, tiba-tiba FFSarumaha datang, dengan nada tinggi menanyakan mana Sprint seraya berkata “ini razia apa???”,  Kemudian, petugas menunjukkan surat perintah tugas kepada pelaku.

Pada saat pelaku membaca surat perintah tugas, lalu, petugas kemudian menanyakan SIM dan STNK terhadap pelanggar dan saat itu pelanggar menunjukkannya.

Kemudian, oleh Cenjukia langsung menilang pelanggar itu sekaligus menahan SIM pelanggar seraya menyuruh pelanggar untuk menandatangani surat tilang.

Saat itu, FFSarumaha yang tidak ada hubungannya dengan masalah tersebut malah merampas dan menarik-narik serta merobek-robek kertas tilang serta mencoba merampas SIM  yang sudah di tilang.

Saat itu, dengan suara nada tinggi, dia memprovokasi masyarakat lainnya sehingga masyarakat yang tidak tahu kejadian lantas ikut menghalangi tindakan petugas dengan menarik dan mendorong lalu mencakar.

Selanjutnya, ketika para petugas mau kembali ke Mako Sat Lantas, kunci salah seorang  senior petugas lantas tersebut di ambil oleh tersangka dan juga mau mencoba menahan petugas sehingga situasi ceos.

Saat peristiwa itu, para personil Lantas tetap sabar dan selanjutnya langsung menghubungi Kasat dan Kanit mereka untuk melaporkan kejadian itu.

Tersangka dijerat dengan Pasal 213 ayat (1) Subs Pasal 212 dari KUHPidana.

Penanganan kasus tersebut didasari dengan Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 1981, Pasal 5 ayat (1) huruf b, Pasal 7ayat (1) huruf d, Pasal 17, Pasal 18, Pasal 19 dan 37 KUHAP, Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 6 tentang Penyidikan Tindak Pidana.

Dan juga berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP / 31 / III / 2020 / SPKT “B”/ SU / Res-Nisel, tanggal 11 Maret 2020 dengan pelapor atas nama Cenjukia A. Lumbantoruan, Surat Perintah Penyidikan Nomor : SP.SIDIK / 33 / RES.1.24 / III / 2020 / RESKRIM, Tanggal 11 Maret 2020, Surat Perintah Penangkapan Nomor : SP.KAP / 21 / RES.1.24 / III / 2020 / RESKRIM, Tanggal 12 Maret 2020 serta Surat Perintah Penahanan Nomor : SP.HAN / 12 / RES.1.24 / III / 2020 / RESKRIM, Tanggal 13 Maret 2020.(*)



 
Berita Lainnya :
  • Kapolres Rohul Pimpin Sertijab Kabag Ops, Dijabat Kompol Jhon Firdaus, Amk.
  • Polsek Tandun Bantu Sembako Ibu Rica Yang Disidangkan Karena Diduga Curi Buah Sawit Milik Perusahaan Milik Negara di Rohul
  • PN Pasirpengaraian Lanjutkan Sidang Gugatan Perdata PT Hutahaean, Pemilik Lahan Tuding HW Hutahaean Ingkar Janji
  • Sosialisasi Protoko Kesehatan Covid-19 Menuju New Normal, Penerapan nya Dihadirin Dandrem 045/Gaya
  • YBN Desak Tindak Lanjut Lapdu Stune Crusher PT Telaga Zamrud Durian Sebatang, Kapolres Rohul Sedang Dalam Penyelidikan
  • Teganya Anak Perusahaan Milik Negara di Rohul, Sidangkan Warga Miskin ini, Diduga Mencuri 3 Tandan Sawit Untuk Beli Beras
  • Sempat dapat perlawanan para Tim KPK saat hendak tangkap Nurhadi
  • WALIKOTA DR.H.Firdaus ST.MT PERATAAN NEW NORMAL
  • WALIKOTA .DR .H.Firdaus ST.MT CONFERENCE SANDIAGAUNO USAHA MIKRO (UMKM)
  • PRESIDEN RI JOKO WIDDO .HARI LAHIR PANCASILA SUASANA CORONA VIRUS COVID 19
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    5 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    6 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    9 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
    10 Pemda Nisel Dinilai Gagal Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved