www.hebatriau.com
www.hebatriau.com
Follow:
 
 
Donald Trump Bertemu Presiden Korea Utara, Ini Fakta Soal Lokasi Pertemuannya
Senin, 01/07/2019 - 08:56:06 WIB

KORUT - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, untuk pertama kalinya menginjakan kakinya di Korea Utara, ketika ia bertemu dengan Kim Jong-un di Zona Demiliterisasi atau DMZ. Ini adalah langkah historis pertama bagi seorang Presiden AS.

Setelah berjabat tangan dengan Kim dan melewati garis yang membatasi Korea Utara dengan Korea Selatan, Trump terlihat berjalan beberapa langkah ke wilayah Korut, sebelum berjabat tangan lagi dengan Kim.

Kedua pemimpin, kemudian berjalan kembali ke wilayah tanah Korea Selatan, berhenti sejenak untuk berfoto, dan bergabung dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in yang sedang menunggu.

"Ini hari yang hebat bagi dunia dan merupakan kehormatan bagi saya untuk berada di sini. Banyak hal besar yang terjadi,' kata Trump, seperti diberitakan Channel News Asia, Minggu 30 Juni 2019.

Pertemuan mendadak di DMZ terjadi, setelah Trump kemarin secara tiba-tiba lewat cuitan Twitternya mengatakan ingin bertemu dengan Kim, selama kunjungannya ke Korea Selatan. Kim dan Trump terakhir bertemu awal tahun ini di Vietnam, di mana pertemuan tersebut menemui jalan buntu.

Zona Demiliterisasi

DMZ merupakan perbatasan era Perang Dingin yang terakhir di dunia, yang telah menjadi saksi serentetan peristiwa diplomatik dan militer selama bertahun-tahun, terutama sejak 1971, sejak Korea Utara dan Korea Selatan membuka hotline pertama dan kantor penghubung.

Berikut ini, fakta tentang Zona Demiliterisasi (DMZ), sepanjang 250 kilometer, yang memisahkan Korut dan Korsel, seperti dilansir dari Channel News Asia.

DMZ menandai saat di mana Perang Korea tahun 1950-53, diakhiri dengan sebuah gencatan senjata, dan bukan perjanjian damai. Kala itu, China dan Korea Utara melawan kekuatan Perserikatan Bangsa Bangsa, yang dipimpin Amerika Serikat.

DMZ adalah perbatasan yang terbentang dari pantai ke pantai di semenanjung, yang dijaga ketat dengan persenjataan berat dan tank militer dan dilapisi dengan kawat berduri.

Berjarak 60 km dari Seoul, dan 210 km dari ibukota Korea Utara, Pyongyang.

Di dalam DMZ adalah Area Keamanan Bersama (JSA). Desa damai yang disebut Panmunjom, merupakan tempat gencatan senjata yang menghentikan Perang Korea ditandatangani pada tahun 1953, terletak di zona JSA seluas 800m dan panjang 400m.

Garis Demarkasi Militer (MDL) menandai batas antara kedua Korea.

Di Panmunjom, terdapat sederet bangunan berwarna biru cerah yang khas. Baik itu Korut dan Korsel memiliki kantor penghubung mereka sendiri dan ruang konferensi, di setiap sisi MDL di Panmunjom.

Di bawah kesepakatan tahun 1953, Komando PBB dan militer Korea Utara diizinkan untuk mengirim tidak lebih dari 35 tentara ke JSA, dan masing-masing dari mereka hanya dapat memiliki satu pistol atau senapan non-otomatis. Tetapi jumlah tentara dan senjata meningkat ketika hubungan memburuk.

Hamparan luas DMZ telah menjadi tanah tak bertuan selama lebih dari 60 tahun, di mana margasatwa tumbuh subur tanpa gangguan.

Menurut perkiraan PBB, lebih dari 105.000 wisatawan mengunjungi JSA dari Korea Selatan pada tahun 2017, sementara hampir 30 ribu dikunjungi dari Korea Utara. (hr/ckc)







 
Berita Lainnya :
  • Rica Ibu 3 Anak Curi Buah Sawit untuk Beli Beras Divonis 7 Hari Penjara, Ia Juga Minta Maaf, Dirut PTPN V Malah Tawari Pekerjaan
  • Babinsa TNI di Rohul Sosialisasi New Normal ke Warga, Mari Tetap Pakai Masker
  • Penyaluran BLT DD Covid-19 Dinilai Langgar Aturan, Kades Sangkir Indah : Ini Demi Kemanusiaan dan Ada Kesepakatan
  • Aktivitas Mobil Tronton Angkut Material Galian C Dari Rohul Main Malam, Hulubalang LAMR Ujungbatu Resahkan Warga, Minta Penegakkan Hukum
  • PN Rohul Lanjukan Sidang Perdata Lahan Ekstransmigrasi Diduga Dikuasai PT Torganda, Saksi Ahli Penggugat Ungkap Fakta Sesuai di Peta
  • Polsek Rambah Tangkap Lelaki 54 Tahun Ini, Diduga Cabul Anak SD Kelas Dua
  • Anak Pekerja di PT EDI Siswa SMP di Rohul, Akhiri Hidupnya Dengan Gantung Diri Dirumahnya
  • Ribuan Tandatangan Masyarakat Tolak Diperpanjang Izin HGU PT SJI Nusa Coy Kota Lama, DPRD Rohul Ingatkan Pemerintah Daerah
  • Warga Kota Jambi akan Didenda Rp 50 Ribu Jika Tidak Gunakan Masker di Tempat Umum
  • Akibat ada gudang ban terbakar jalur pantura kudus tersendat
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    5 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    6 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    9 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
    10 Pemda Nisel Dinilai Gagal Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved