www.hebatriau.com
www.hebatriau.com
Follow:
 
 
VIRAL SIMPANG SIUR / DIALEKTIKA: "TEORI HERD IMMUNITY". OLEH: ADV. YASMART. SH.MH.
Jumat, 22/05/2020 - 09:21:40 WIB

A. Rumusan Masalah
Layaklah dan Patutkah Kebijakan HERD IMMUNITY diterapkan dalam Pandemi Virus ditanah air ?

B. Pendahuluan.
---- Pengertian istilah HERD IMMUNITY, Merupakan sesuatu teori Kebijakan Medis atas kekebalan tubuh secara pengelompokan  Manusia terinpeksi Virus secara alami, sehingga dapat dikategorikan menyerahkan korban positif dan negatif terinpeksi virus, sehingga   sembuh sendirinya melalui seleksi alam sekitarnya, hal ini  konon sangat ditentang keras oleh  Lembaga atau Organisasi Kesehatan Internasional WHO (World Healt Of Organization), sebagai kebijakan memperlakukan manusia dengan menyamaratakan Manusia seperti dengan hewan, yaitu tidak humanis atau tidak peri kemanusiaan ?

----- Sebagaimana belakangan ini beberapa negara belahan dunia diantara  negara-negara Eropa mencoba akan menerapkan kebijakan Herd Immunity demi penanggulangan wabah/ Pandemi Virus Covid 19 yang telah menginspeksi lebih setengah juta jiwa dan pasien Wafat telah ratusan ribu jiwa, bahkan berdasarkan berita resmi dari gugus tugas Covid 19 WHO diperkirakan diseluruh dunia lebih 2 juta pasien terinpeksi, hal ini tentu menjadi perhatian besar seluruh manusia dijagat raya ini. 

----- Bahwa adapun dengan segala upaya telah dilakukan pihak penentu kebijakan,  dari mulai pelayanan medis terhadap Pasien yang Positif dan isolasi/ karantina, Penyemprotan disipenctan serta hingga penelitian vaksin dan obat yang ampuh untuk melawan Virus, namun demikian angka dilapangan pasien positif setiap hari terus bertambah walau ada pasien yang sembuh akan tetapi penyebaran/ Pandemi virus terus belangsung secara cepat dan mematikan. Hal inilah memunculkan spekulasi Teori Kebijakan HERD HUMMANITY, yang secara ektrim konon merupakan Kebijakan pamungkas yang menyatukan virus berbaur dengan manusia sehingga kekebalan tubuh menggantungkan kepada daya tahan tubuh masing-masing polulasi manusia secara personal dan yang lemah binasa dengan sendirinya.

C. Pembahasan

----- Dengan demikian dapat dikatakan HERD IMMUNITY adalah kebijakan atau Teori dalam Pelayanan Medis (Medical Practice) yang tidak sesuai dengan semangat sumpah Universal Medis Dunia (Sumpah Hippokrates) serta bertentangan dengan konstitusi RI UUD 1945 yang dinyatakan pada Pasal 28H ayat (1):

 "Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan".

Serta dalam Pasal 34 ayat (3):
" Negara bertanggungjawab atas penywdiaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak".

----- Maka karena itu sesuai dengan amanat konstitusi yang dimaksud diatas, negara wajib melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia serta memajukan kesejahteraan umum dalam bentuk bidang apapun termasuk dibidang pelayanan kesehatan secara tanpa diskriminasi secara luas dan berkesinambungan.

----- Dalam Falsafah Negara RI juga secara jelas dan tegas dicantumkan butir-butir dan sila-sila kemanusiaan yang adil dan beradab, sehingga Perlakuan Hak hidup dan hak untuk sehat wajib dilindungi oleh negara.

Dalam UU RI.No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan ditegaskan diataranya :

Pada Pasal 1 point 1:
" Kesehatan adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi".
Dari penjabaran diatas makin jelas kesehatan merupakan sektor penting bagi setiap orang untuk mempertahankan hidupnya lebih baik.

Pada Pasal 9 ayat (1)UU. No. 36 Tahun 2009, menyatakan: "Setiap orang berkewajiban ikut mewujudkan mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yg setinggi-tingginya".

Pada pasal 56 (1) menyatakan
" setiap orang berhak menerima dan menolak sebahagian atau seluruh tindakan pertolongan yg akan diberikan kepadanya setelah menerima dan memahami informasi mengenai tindakan tersebut secara lengkap".


2. Saran
 Dengan demikian selayaknya kebijakan Teori Herd Hummunity ini sudah selayaknya dihindari pemberlakuannya karena tidak sesuai semangat Konstitusi 1945 dan Universal Juman Right, masih banyak cara yang arif dan bijaksana sebagaimana sabda Rasullullah SAW  yaitu : " Setiap Penyakit pasti ada obatnya".

Wallahu wallam beshowab.
Wassallam.
Pekanbaru, 21 Mei 2020
Bertepatan 28 Ramadhan 1441# Aliamran piliang#



 
Berita Lainnya :
  • Kapolres Rohul Pimpin Sertijab Kabag Ops, Dijabat Kompol Jhon Firdaus, Amk.
  • Polsek Tandun Bantu Sembako Ibu Rica Yang Disidangkan Karena Diduga Curi Buah Sawit Milik Perusahaan Milik Negara di Rohul
  • PN Pasirpengaraian Lanjutkan Sidang Gugatan Perdata PT Hutahaean, Pemilik Lahan Tuding HW Hutahaean Ingkar Janji
  • Sosialisasi Protoko Kesehatan Covid-19 Menuju New Normal, Penerapan nya Dihadirin Dandrem 045/Gaya
  • YBN Desak Tindak Lanjut Lapdu Stune Crusher PT Telaga Zamrud Durian Sebatang, Kapolres Rohul Sedang Dalam Penyelidikan
  • Teganya Anak Perusahaan Milik Negara di Rohul, Sidangkan Warga Miskin ini, Diduga Mencuri 3 Tandan Sawit Untuk Beli Beras
  • Sempat dapat perlawanan para Tim KPK saat hendak tangkap Nurhadi
  • WALIKOTA DR.H.Firdaus ST.MT PERATAAN NEW NORMAL
  • WALIKOTA .DR .H.Firdaus ST.MT CONFERENCE SANDIAGAUNO USAHA MIKRO (UMKM)
  • PRESIDEN RI JOKO WIDDO .HARI LAHIR PANCASILA SUASANA CORONA VIRUS COVID 19
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 SADIS…!!! Warga Desa Olayama Kecamatan Huruna Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan Propinsi
    2 Sadis...!!! 2 Orang Korban Penikaman dan Pembacokan di Kota Gunungsitoli masuk RSU Gunungsitoli
    3 Seorang Pria Ditemukan Tewas di Salah Satu Rumah di Desa Umbu Kecamatan Gido
    4 ALAMAK! 4 Oknum PNS dan 2 Jaksa di Selatpanjang Terjaring Razia BNN
    5 Monas Duha Sumbangkan Gajinya ke STIE Nias Selatan
    6 Operasi Zebra 2017 di Riau Berakhir, Tilang Naik hingga 92 % Dibanding 2016
    7 Duh, Stok Elpiji 3 Kg di Pekanbaru Terindikasi Dijual ke Luar Daerah
    8 Tohusokhi Lase Desak Polsek Bawolato Segera Tuntaskan Kasus Penganiayaan Atas Dirinya
    9 Wanita Cantik Kekasih Napi Ini Ketahuan Mau Selundupkan Sabu ke Lapas II A Bengkalis
    10 Pemda Nisel Dinilai Gagal Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
     
    Follow:
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015 PT. HEBAT RIAU MEDIA, All Rights Reserved